Daerah

Lewat Forum Anak, Tanamkan Nilai Luhur Budaya Bangsa

MAGELANG - Penanaman nilai-nilai luhur budaya bangsa, nasionalisme, patriotisme, serta pengembangan karakter bangsa (nation character building) patut ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Melalui Penguatan Forum Anak, Dinas Sosial Kota Magelang, Jawa Tengah menanamkannya dalam suasana bermain.

Hal tersebut menjadi salah satu programnya, yang menyasar 25 anak di Kelurahan Panjang, Magelang Tengah. Mereka tergabung dalam Forum Anak, Senin (25/2/2019).

Selain penanaman seperti yang disebutkan di atas, kegiatan itu sebagai wahana pertemuan anak-anak dari berbagai kelompok, sebagai upaya peningkatan kapasitas anak, serta sebagai upaya mensosialisasikan hak dan perlindungan anak.

Penyuluh Sosial Muda, Dwi Ambar Pratiknyo mengatakan, Forum Anak merupakan program rutin tahunan yang dilaksanakan Kelurahan Panjang dengan dukungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP4KB) dan Dinas Sosial.

"Kedua organisasi perangkat daerah tersebut memiliki komitmen dalam program perlindunan anak di Kota Magelang," ujar Dwi di sela acara.

Forum Anak sendiri, kata Dwi, merupakan wadah partisipasi anak untuk menampung aspirasi suara anak, yang dikelola oleh anak-anak usia dibawah 18 tahun bersama pemerintah.

"Forum anak ini berperan memberikan masukan dalam proses perencanaan, pemantauan serta evaluasi kebijakan program dan kegiatan pembangunan daerah," terang Dwi.

Anggota Pengurus Forum Anak  terdiri dari perwakilan anak yang aktif dalam organisasi, kelompok kegiatan atau sanggar-sanggar kegiatan seni-budaya dan olahraga, atau minat anak lainnya.

Di tingkat nasional, kita mengenal Forum Anak Nasional (FAN) sebagai organisasi anak yang dibina oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di seluruh Indonesia dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak. Forum Anak juga senantiasa dikembangkan di tingkat kelurahan/desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional.

"Kapasitas dan kualitas anak di Kota Magelang tidak hanya terlepas dalam pemenuhan hak anak semata. Berbagai upaya peningkatan peran dan partisipasi anak dapat diwujudkan melalui kegiatan Forum Anak yang diwadahi tingkat kelurahan, kecamatan dan kota," imbuh Dwi.

Peran Forum Anak tingkat kelurahan, lanjutnya, selaras dengan terwujudnya Kota Magelang Sebagai Kota Layak Anak, dukungan masyarakat, lembaga kemasyarakatan dan perangkat daerah merupakan wujud komitmen bersama untuk menjadikan anak sebagai generasi emas.

“Hak-hak anak untuk hidup, tumbuh, dan berkembang dan berpartisipasi dapat diwujudkan bahwa anak tidak sekedar dijamin haknya untuk tetap dipertahankan hidupnya, tetapi juga memperoleh perawatan dan pengasuhan agar dapat tumbuh dan berkembang secara wajar dan menikmati hidup yang berkualitas,” katanya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?