Siswa melakukan penelitian di laboratorium sekolah. (ilustrasi: inovasee.com)

Nasional

Siswa Harus Didorong Kembangkan Minat Meneliti Sejak Dini


JAKARTA – Minat meneliti perlu dikembangkan sejak dini. Saat ini sudah banyak penelitian hasil karya siswa SMP/SMA dan SMK yang mengharumkan nama Indonesia di berbagai olimpiade internasional.

Presiden Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari mengatakan, dari hasil pemenang ISPO sudah berjalan 11 tahun ini. Mereka telah memfasilitasi para pemenang untuk dapat berkompetisi di level olimpiade penelitian internasional.

“Banyak siswa-siswi pemenang ISPO yang telah mengharumkan nama Indonesia dengan meraih berbagai medali di ajang olimpiade internasional,” katanya pada konferensi pers Festival Sains dan Budaya (FSB) ke-1 di Jakarta.

Riri mengatakan, beberapa olimpiade internasional yang diikuti seperti International Sustainable World (Energy, Engineering, and Environment) Project Olympiad yang digelar di Houston, Amerika Serikat (AS). Kemudian Genius Olympiad di SUNY Oswego, New York, AS, hingga Mostratec yang digelar di Novo Hamburgo, Brasil.

Menurut Riri, jika anak terbiasa dilatih membuat penelitian sejak dini, maka mereka bisa meyakinkan kepada guru dan teman sekelasnya. Meyakinkan bahwa dia memiliki suatu ide melalui proses panjang. Siswa itu pun melihat satu masalah kecil yang harus dituntaskan dengan metodologi yang bisa diterima.

“Sehingga anak (nanti) memiliki kemampuan untuk survive. Bahwa tidak ada sesuatu yang bisa dicapai tanpa melakukan usaha sebelumnya,” katanya dilansir sindonews.com.

ISPO tahun ini penyelenggaraannya akan digabung dengan Olimpiade Seni dan Bahasa (Osebi) pada Festival Sains dan Budaya 2019 yang akan digelar di SMA Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan, Banten pada 22-24 Februari mendatang.

Jumlah yang dikirimkan ke ISPO mencapai 373 proyek. Jumlah tersebut diusulkan oleh 715 pelajar jenjang SMP, SMA, dan SMK dari 160 sekolah di 25 provinsi.

Baca Juga :  Keberhasilan dan Kemenangan Berasal dari Keberanian

Dari jumlah 373 proyek itu sudah diseleksi 120 proyek yang menjadi finalis. Dia mengatakan, ISPO akan mempertandingkan proyek penelitian dalam bidang sains, teknologi, lingkungan, dan komputer.

“ISPO merupakan kegiatan olimpiade proyek penelitian di bidang sains, teknologi, lingkungan, dan computer,” terang Riri Fitri Sari dilansir jurnas.com. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?