Bagus Susilo Yuwono, siswa kelas X Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah Magelang (kanan) keluar sebagai juara II saat PMS Open Cup 2019 di Solo, Jawa Tengah. foto : dokumen SMK Muhammadiyah Magelang

Advertorial Tokoh

Bagus Susilo, Atlet SMK Muhammadiyah Magelang Juara II Taekwondo Kelas Senior


Siedoo, Nama Bagus Susilo Yuwono, siswa kelas X Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah Kota Magelang, Jawa Tengah menggema di Sritex Arena Solo. Ia dinobatkan sebagai Juara II kelas Prestasi Senior setelah mengikuti PMS Open Cup 2019. Sekitar seribu atlet dari beberapa provinsi di Indonesia mengikuti kompetisi tersebut.

Pertandingan dengan skala tingkat nasional ini membuka kelas pertandingan senior dan yunior. Kelas prestasi senior dimenangkan atlet dari Pekalongan dan Juara III dari Sukoharjo, Jawa Tengah. Dengan segala kemampuan yang dimiliki, Bagus akhirnya mampu meraih juara II di Kelas Prestasi Senior.

"Sebelum kompetisi, latihan saya di stamina fisik seperti lari, kecepatan tendangan, kelenturan kaki," kata Bagus.

Ia datang ke Solo bersama dengan 21 atlet dari Magelang. Dua kali pertandingan, akhirnya Bagus mampu mengharumkan nama sekolahnya dengan meraih prestasi Juara II.

"Saat di pertandingan final, secara postur kalah tinggi dengan lawan. Karena taekwondo bermain kaki, maka kalah jarak tendang. Poin lawan lebih tinggi," urainya.

Meski demikian, tidak menyurutkan niat Bagus untuk tetap berprestasi. Ia akan kembali berlatih dan mengikuti sejumlah kejuaraan lain untuk kembali berkompetisi. Ia tengah menyiapkan sejumlah hal untuk mengikuti seleksi Popda tingkat eks Karesidenan Kedu, untuk menuju ke tingkat provinsi.

"Teman - teman yang belum bisa berprestasi secara akademik, masih memungkinkan jalur lainnya. Prestasi yang nonakademik bisa dikembangkan lagi, salah satu contohnya yaitu bidang olahraga taekwondo," jelasnya.

Kecintaan terhadap olahraga taekwondo ini bukan tanpa alasan. Sejak kelas 3 SD, sang ayah mempunyai guru taekwondo. Untuk mengisi kegiatan - kegiatan yang positif, maka Bagus pun diikutkan latihan.

Ketertarikan terhadap taekwondo juga dipicu oleh sang kakak, yang juga merupakan atlet taekwondo. Dengan demikian, menambah daya tarik tersendiri bagi Bagus.

Selama berkecimpung di taekwondo, ia sudah menggondol sejumlah penghargaan. Diantaranya yaitu juara I Walikota Cup se Jawa Bali di Akmil untuk kelas pemula siswa SMP. Ada juga juara I Bupati Cup Magelang di GOR Gemilang tingkat SMP, Juara III Popda Karesidenan Kedu tingkat SMP.

"Saat ini juga tengah mengikuti seleksi pra Porprov. Sisi positifnya mengikuti bela diri taekwondo badan menjadi sehat, dan bisa meraih prestasi. Saya merasa asyik karena menambah pengalaman untuk berkompetisi," ungkap dia.

Prestasi ini pun mendapat apresiasi dari sekolah. Diharapkan, melalui raihan prestasi yang membanggakan ini, bisa menginspirasi para siswa yang lain untuk ikut pula berprestasi.

"Kami merasa bangga atas hal ini. Prestasi terus berkembang dan bisa terus dikembangkan. Sehingga bisa menginspirasi siswa yang lain turut serta berprestasi dan membawa nama baik SMK Muhammadiyah," jelas Kepala SMK Muhammadiyah Kota Magelang Atiningsih Spd. (Advertorial) 

Apa Tanggapan Anda ?