Wakil Walikota Solo Achmad Purnomo dan Wakil Rektor Unisri Bidang Kemahasiwaan Alumni dan Kerjasama, Dr. Sutoyo, M.Pd., bersama panitia melepas merpati sebagai tanda dimulainya kegiatan Kompetisi Penegak Binwil Surakarta (KOMPBI) se-eks Karesidenan Surakarta di kampus Unisri, Sabtu (26/1/2019). (foto: unisri.ac.id)

Daerah

Tumbuhkan Jiwa Intelektual, 253 Pramuka Ikuti KOMPBI di Unisri


SOLO – Bertujuan menumbuhkembangkan jiwa intelektual pada anggota pramuka penegak, sebanyak 253 Pramuka mengikuti Kompetisi Penegak Binwil Surakarta (KOMPBI) se-eks Karesidenan Surakarta. KOMPBI ke-5 ini digelar selama dua hari di Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Jawa Tengah.

Menurut ketua pelaksana, Augustina Dewayanti, kegiatan ini juga mewujudkan karya nyata dalam meningkatkan SDM yang berkualitas serta meningkatkan rasa persaudaraan antarpramuka penegak.

Peserta kegiatan adalah Pramuka Penegak SMA/SMK yang terdiri dari 12 sangga putra dan 11 sangga putri. Dengan 13 kontingan antara lain SMAN 1 Surakarta, SMAN 3 Surakarta SMAN 5 Surakarta, SMKN 5 Surakarta, SMKN 6 Surakarta, SMKN 7 Surakarta.

Juga SMAN 1 Pracimantoro, SMAN 1 Mojolaban, SMAN 1 Polanharjo, SMKN 2 Wonogiri, SMK Slamet Riyadi Gemolong, SMKN Citramedika, dan Ta’mirul Islam.

“Pramuka menjadi salah satu benteng penghalang dari pengaruh negatif globalisasi. Lakukan kegiatan ini sebagai pengabdian yang tulus dan sungguh-sungguh, sebagai organisasi pramuka yang bergerak dalam membina karakter bagi generasi berprestasi,” jelas Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo, dikutip unisri.ac.id.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor Unisri Bidang Kemahasiwaan Alumni dan Kerjasama, Dr. Sutoyo, M.Pd. Dalam sambutannya, ia menyampaikan KOMPBI ke-5 kali ini, mengambil tema ‘Membentuk Karakter yang Memiliki Solidaritas, Disiplin, Berkarya dan Inovatif’. Dalam revolusi mental, pramuka menjadi salah satu pilar untuk mewujudkan itu dan ini terwujud dengan bukti perlombaan yang dilombakan ini mengarah ke sana.

Cabang yang dilombakan antara lain PBB, Pionering, Hasta Karya, Drama Tari, P3K, dan Ketahanan Pangan. Peserta akan memperebutkan Piala Bergilir Walikota Solo dan Piala Rektor Unisri. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Ucapan Pemkot