Soemardi Thaher (berpeci) ketika mendapat kunjungan Kepala Dinas Pendidikan Riau, Rudyanto beserta Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/SMK Pekanbaru di kediamannya Jalan Hang Tuah, Pekanbaru, Riau, Rabu (19/12/2018). (foto: disdik.riau.go.id)

Tokoh

Mengenal Soemardi Thaher, Tokoh Pendidikan dari Riau


Siedoo, Meski sudah purnatugas, bukan berarti menghentikan perhatian seseorang pada dunia yang digeluti sebelumnya. Seperti dilakukan Soemardi Thaher, tokoh pendidikan Riau yang diakui jasa-jasanya memajukan pendidikan Provinsi Riau.

Hal itu terungkap ketika tim Dinas Pendidikan (Disdik) Riau mengunjungi kediaman Soemardi Thaher di jalan Hangtuah Pekanbaru untuk silaturahmi, Rabu (19/12/2018). Rombongan tamu adalah Kepala Dinas Pendidikan Riau, Rudyanto beserta Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/SMK Pekanbaru.

Dalam kesempatan itu ia bercerita banyak pengalamannya saat masih aktif sebagai Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Riau. Dia mengaku sering melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah untuk menyerap aspirasi para tenaga pendidik yang rata-rata mengeluhkan masalah gaji dan lainnya.

Karena itu, dia berpesan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Disdik Riau agar memperhatikan kesejahteraan guru supaya bisa kerja keras dan profesional. Menurut Thaher, guru adalah kunci utama pendidikan.

“Kesejahteraan guru juga harus menjadi perhatian, sehingga guru bisa lebih bekerja keras dan telaten. Guru tidak bisa bekerja profesional kalau gajinya tak cukup untuk makan,” ujar Thaher.

Tak hanya itu, perlindungan guru juga harus diperhitungkan. Namun, dia juga mengingatkan agar guru bisa meningkatkan kompetensinya karena guru yang tak memiliki kompetensi berarti guru tersebut tidak profesional.

“Guru harus bisa melihat anak, bagaimana mendapatkan kebahagiaan hidupnya. Itu bisa dilakukan oleh seorang guru yang mengerti tugasnya, berkepentingan terhadap masa depan anak-anak,” tukasnya seperti dikutip dari disdik.riau.go.id.

Soemardi Thaher sangat mengapresiasi perhatian Disdik Riau yang telah berjuang memperhatikan kesejahteraan para guru di Riau selama ini.

Setelah diskusi panjang, Soemardi Thaher juga memberikan sebuah buku karyanya berjudul ‘Hujan Turun Rintik-rintik’ kepada Kadisdik Riau sebagai kenangan telah berkunjung ke kediamannya. Soemardi Thaher merasa sangat dihargai dan dihormati atas jasa-jasanya memajukan dunia pendidikan di Riau. (*)

Apa Tanggapan Anda ?
Ucapan Pemkot