Ilustrasi. sumber: keyshorts.com

Nasional

Admin Instansi Pembuka CPNS Diminta Bersiap Diri, Apakah Pertanda Segera Diumumkan


JAKARTA – Kapan diumumkannya peserta yang lolos seleksi CPNS 2018 sampai saat ini masih belum jelas. Meski begitu, kementerian atau instansi maupun pemerintah daerah yang membuka lowongan CPNS 2018, para adminnya diminta untuk bersiap diri.

“Siap2 saja Ibu/Bapak admin instansi. Jika Kepala BKN sudah klik DS, info integrasi SKD-SKB akan tersaji di dashboard SSCN masing2. Menjadi kewajiban Ibu/Bapak admin instansi u/ segera mengumumkan,” tulis pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui akun twitter resminya, #ASNKiniBeda.

Unggahan tweets tersebut langsung mendapatkan respon Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemalang, Jawa Tengah. Admin di BKD setempat juga sempat menanyakan terkait data dari Panselnas (Panitia Seleksi Nasional) CPNS.

“Iya sih.. tapi kok sampai detik ini belum ada hasil rekon yang diserahkan PANSELNAS pada kami. Trus kapan ya? Pimen Jal?,” tulis dalam akun twiiter #ASN_PmlHebat.

Pengumuman siapa-siapa yang lulus seleksi CPNS, sebenarnya sesuai jadwal, yang dilakukan secara online dilakukan pada 3 Desember 2018. Terakhir proses pemberkasan akan dimulai pada 3-21 Desember 2018.

Sementara itu, pada 19 Desember 2018, Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Mohammad Ridwan melalui siaran persnya menyatakan, tahapan rekrutmen CPNS 2018, sedang memasuki tahap rekonsiliasi data hasil integrasi nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Rekonsiliasi data hasil integrasi nilai SKD dan SKB berlangsung mulai Rabu (19/12/2018)  hingga Jumat (21/12/2018) di Kantor Pusat BKN dengan mengundang perwakilan dari  476 instansi daerah dan 75 instansi pusat yang telah selesai menggelar SKB.

“Kegiatan rekonsiliasi bertujuan mencocokkan data yang ada di BKN dengan data yang dimiliki oleh masing-masing instansi,” katanya.

Langkah rekonsiliasi data SKD dan SKB akan dilanjutkan dengan pengumuman pelamar yang lulus seleksi secara keseluruhan, pemberkasan, pengajuan usul penetapan CPNS dari instansi pembuka rekrutmen dan penetapan NIP CPNS oleh BKN.

Baca Juga :  Pendaftaran Bidikmisi Online dan Offline, Simak Caranya!

Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN menargetkan, penyampaian usul penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) CPNS 2018 paling lambat masuk ke BKN 28 Februari 2019.

“Proses menuju penetapan NIP baru akan dilakukan setelah berkas usul penetapan NIP diterima lengkap oleh BKN. Ketepatan waktu instansi menyampaikan usul penetapan NIP CPNS 2018 akan turut menentukan waktu Terhitung Mulai Tanggal (TMT) pengangkatan CPNS 2018 yang juga merupakan tanggal dimulainya masa bekerja di birokrasi,” jelasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
SD Mutual Kota Magelang