Nasional

SD Mutual Sabet Juara Nasional Budaya Mutu

KARANGANYAR - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan SD Muhammadiyah Satu Alternatif (SD Mutual) Kota Magelang, Jawa Tengah sebagai juara umum "Whole School" (menyeluruh) dalam Lomba Budaya Mutu SD tingkat Nasional. Lomba Grand Final Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional ke-5 tahun 2018 di Karanganyar Jawa Tengah ini berlangsung tiga hari dan diikuti sekolah dari berbagai pelosok negeri.

Whole School merupakan predikat juara umum yang diberikan berkaitan dengan manajemen yang baik dalam aspek kurikulum dan pembelajaran, manajemen berbasis sekolah, serta ekstrakurikuler. Penghargaan Whole School ini diberikan langsung oleh Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Dr. Khamim.

Lomba Budaya Mutu (LBM) merupakan lomba tahunan yang dilaksanakan Kemendikbud RI dalam rangka mengapresiasi serta memberikan pembinaan terkait usaha memajukan sekolah dengan aneka inovasi, kreasi pengembangan diri peserta didik.

"SD Mutual merasa senang sekali dapat mengikuti grand final Lomba Budaya Mutu, bertemu dengan sekolah-sekolah hebat se-Indonesia. Usaha yang keras akan berbanding lurus dengan hasil yang didapatkan," kata Kepala SD Mutual Mustaqim, M.Pd.

Kegiatan Nasioal yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi pembuktian eksistensi kualitas sekolah secara nasional. Sekaligus menyampaikan kepada masyarakat luas bahwa, sekolah-sekolah mana saja yang memiliki budaya mutu terbaik.

"Alhamdulillah, SD Mutual sebagai Juara Umum Lomba Budaya Mutu SD Tahun 2018. Ini semua berkat sinergi yang baik antara sekolah, siswa, orang tua serta para pembinanya. Semoga SD Mutual tetap istiqamah untuk memberikan pendidikan yang bermutu," jelas Mustaqim.

Raihan prestasi ini pun mendapat tanggapan positif dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Magelang. Hal ini patut disyukuri kepada Allah Swt bahwa SD Mutual terus memacu prestasi.

"Setelah menjadi Sekolah Rujukan Nasional. Kali ini diukir lagi prestasi mendapatkan Juara Umum Whole School (Lomba budaya mutu tingkat Nasional) Kemendikbud RI suatu prestasi yang diidamkan semua sekolah," imbuh Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Magelang Drs Yatino.

Yatino menyatakan, prestasi ini pertanda SD Mutual Kota Magelang dalam posisi The Right Track dalam manajemen sekolahnya. Namun demikian jangan lupa tetap rendah hati. Terus berbuat yang terbaik dalam memberikan pelayanan kepada peserta didik, tetap fokus untuk menjadi yang terbaik.

"Kita tidak harus mengatakan bahwa kita yang terbaik, biar orang lain yang mengatakannya. Buktikan dengan prestasi bahwa, kita yang terbaik nanti orang lain akan mengatakan kita yang terbaik," kata dia berpesan.

Belum Lama Berdiri Sudah Berprestasi

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang Taufik Nurbakin, M.Pd menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang sangat mengapresiasi kinerja Kepala SD Mutual dan jajarannya. Di usia sekolah yang belum lama berdiri, sudah mampu menunjukkan prestasinya yang luar biasa dengan sederet prestasi yang diraihnya.

"Keberhasilan ini tidak terlepas dari sinergi semua komponen yang ada. Mulai dari persyarikatan Muhammadiyah, komite sekolah, orang tua siswa, guru, tenaga kependidikan yang solid. Harapannya prestasi ini dapat menginspirasi sekolah lainnya di kota Magelang,"  jelasnya.

 

*Siti Nurhayati 

Guru SD Mutual Kota Magelang, Jawa Tengah.

Apa Tanggapan Anda ?