Internasional

Mengintip Persiapan Akmil Sebagai Tuan Rumah Militery Pentathlon

MAGELANG - Lomba Militery Pentathlon (Milpen) rencananya dilaksanakan di Markas Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah pada 26 November 2018.  Pagelaran akan diikuti Taruna Taruni Akmil, Taruna Taruni Angkatan Laut dan Taruna Taruni Angkatan Udara. Untuk mengetahui kesiapan lokasi lomba, Komite Olahraga Militer Indonesia (KOMI) berkunjung ke Akmil, dengan tujuan pengecekan kesiapan lapangan langsung.

Militery Pentathlon dilaksanakan sebagai  wahana untuk menjaring atlet-atlet unggul dalam rangka menghadapi turnamen Taruna Dunia (CISM). Indonesia dipastikan akan menjadi tuan rumah Conseil International du Sport Militeire (CISM) 3rd World Cadet Games 2018, yang sedianya akan dilaksanakan di Akademi Militer dan Akademi Angkatan Udara. Diperkirakan ada 125 negara yang tergabung dalam KOMI (Komite Olahraga Militer).

Dari jumlah itu, sebanyak 50 negara sudah mengkonfirmasi ikut serta pada saat kejuaraan. Indonesia sendiri baru sekali mengikuti CISM di Ekuador beberapa tahun lalu.

Sementara terkait kesiapan kegiatan, lapangan yang ditinjau meliputi Lapangan Shooting, Obstikel Run, Throwing, Obsswing dan lapangan Cross Country. Pejabat yang hadir pada saat pengecekan lapangan antara lain Sekum KOMI, Kolonel Kes Yulianto, Letkol Mar Bob Siregar, Kolonel Inf Erwansyah (Pabanopsdik Akademi TNI) dan didampingi Direktur Pembinaan Pendidikan (Dirbindik) Akmil Kolonel Czi IGBN Tedjasukma Ekaputra dan Kepala Departemen Jasmani (Kadepjas) Akmil, Kolonel Inf Narliansyah.

Pada kesempatan itu semua sarana dan fasilitas pertandingan dijajal oleh atlet Depjas Akmil, layaknya mereka bertanding. Mulai dari Lapangan Shooting, Obstikel run, Throwing, Obsswing dan Cross Country. Uji coba berjalan lancar mulai dari segi catatan waktu dan penilaian tidak ada masalah. (Siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?