Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan, Widodo. (foto: sumateradeadline.co.id)

Daerah

Program Sekolah Gratis Sumsel Dianggarkan Rp 207 Milliar


PALEMBANG – Program Sekolah Gratis (PSG) yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sampai saat ini masih terus berjalan. Untuk program ini, Pemerintah Provinsi Sumsel melalui Dinas Pendidikan (Disdik) telah menganggarkan dana PSG untuk SMA dan SMK Negeri sebesar Rp 207 Milliar.

Hal itu untuk diketahui masyarakat Sumatera Selatan, sehingga masalah pendidikan gratis di daerah ini tetap akan dilanjutkan. Namun dana pemerintah itu tidak semata-mata berwujud bantuan langsung kepada penerima manfaat, namun berbentuk belanja langsung untuk SMA/SMK Negeri.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumsel, Widodo menjelaskan, PSG akan tetap dijalankan dan anggaran telah diajukan dalam bentuk belanja langsung untuk SMA dan SMK Negeri se-Sumatera Selatan. (tribunnews.com)

“Dana PSG untuk SMA dan SMK negeri sebesar Rp 207 M dan dalam bentuk hibah untuk SMA dan SMK swasta sebesar Rp 183 M,” ujar Widodo.

Widodo mengatakan, telah mengadakan rapat di ruang Sekretaris Daerah bersama para Kepala OPD dalam koordinasi Asisten I Pemerintah Provinsi Sumsel.

“Hal ini sesuai dengan arahan Wakil Gubernur Sumsel, supaya Disdik Sumsel melakukan pembenahan kaitannya antara sekolah mapan di kota dengan sekolah pra-mapan di pedesaan dalam pelaksaan PSG,” tuturnya dikutip sumateradeadline.co.id.

Disdik Sumsel akan membuat tiga kategori sekolah, yaitu SMA/SMK Ketegori/Tipe A, SMA/SMK Kategori/Tipe B, dan SMA/SMK Kategori/Tipe C.

“Dengan adanya kategori/tipe SMA/SMK tersebut akan menjadi salah satu indikator besaran diterimanya dana PSG nanti,” jelasnya. (Siedoo/NSK)

Apa Tanggapan Anda ?
Ucapan Pemkot