Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Gorontalo menyelenggarakan Kemah Karakter Siswa SMK Tahun 2018. Para siswa mengikuti beberapa rangkaian acara.

Daerah

Kemah Karakter, Melatih Diri Membangun Komunikasi


GORONTALO – Sebanyak 110 siswa-siswi perwakilan dari seluruh SMK se Provinsi Gorontalo berkumpul di Kampus Politeknik Gorontalo. Para siswa mengikuti kegiatan Kemah Karakter Siswa SMK Tahun 2018 selama tiga hari. Acara ini digelar tidak lepas dari pentingnya peranan gerakan pramuka yang berpeluang memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas manusia Indonesia.

Khususnya kepada kaum muda yang berkarakter yang kelak mampu menjadi pemimpin bangsa yang lebih baik. Kegiatan Kemah Karakter Siswa SMK 2018 dibuka secara resmi KA Kwarda Gorontalo.

“Tujuan dari kegiatan ini sebagai wadah yang strategis dalam memupuk karakter dan bela Negara bagi siswa SMK, untuk melatih diri membangun komunikasi,” kata KA Kwarda Gorontalo Idah Syahidah.

Para siswa mengikuti berbagai rangkaian acara. Potensi para peserta diharapkan bisa muncul dalam kegiatan ini.

“Tujuan lain yaitu bekerjasama dalam mempertebal rasa kebangsaan, serta mampu mengembangkan potensi diri sejalan dengan perkembangan IPTEK,” katanya.

Kepala Seksi Peserta Didik SMK Fitri Ahmad, S.Pd, menegaskan bahwa siswa SMK tidak hanya cukup dibekali dengan keterampilan semata. Namun, juga pembentukan karakter siswa. Menurutnya, kegiatan kepramukaan seperti ini sangat penting bagi siswa SMK.

Sebagai generasi penerus bangsa, pelajar tidak cukup hanya dengan pintar dan terampil. Namun juga perlu memiliki karakter mental yang baik.

Sementara itu, Ketua Panitia Rolan Jasin menambahkan bahwa melalui kegiatan kepramukaan yang penuh dengan kedisplinan, kerjasama, kejujuran, dan sikap kritis seperti ini, diharapkan bisa menjadi benteng bagi diri peserta didik dari kebablasan informasi. Pramuka sebagai salah satu wadah atau sarana positif yang mampu menciptakan cikal bakal generasi produktif yang positif di masa depan dengan karakter yang kuat.

Apa Tanggapan Anda ?