SMART. Siswa-siswa SMPN 2 Kota Magelang saat menerapkan konsep SMART School. (foto: ist) 
Siedoo.com - SMART. Siswa-siswa SMPN 2 Kota Magelang saat menerapkan konsep SMART School. (foto: ist) 
ADV Daerah

SMPN 2 Kota Magelang Bangun Generasi Unggul Melalui Konsep TOP dan SMART School

MAGELANG, siedoo.com – Sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas, SMPN 2 Kota Magelang, Jawa Tengah berhasil meneguhkan posisinya sebagai lembaga pendidikan unggulan dengan menerapkan konsep TOP dan SMART School.

Konsep ini membawa inovasi dan transformasi dalam pembelajaran, mempersiapkan generasi masa depan yang memiliki kepribadian unggul dan keterampilan multidisiplin.

Kepala SMPN 2 Kota Magelang, Fatin Mahdalina, S.Pd menjelaskan konsep TOP dan SMART School tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan prestasi akademis, tetapi juga membentuk karakter dan keterampilan yang dibutuhkan oleh siswa untuk menjadi individu yang sukses dan berkontribusi bagi masyarakat.

“Dengan mengintegrasikan konsep TOP dan SMART School ke dalam lingkungan pembelajaran, kami berharap dapat menghasilkan generasi yang tidak hanya pintar secara akademis, tetapi juga memiliki kepribadian yang kuat, semangat berprestasi, dan komitmen untuk melayani bangsa dan negara,” ujarnya.

Dalam konsep TOP School, SMPN 2 Kota Magelang memfokuskan pada pembentukan karakter yang kuat dan positif, yang tercermin dalam tiga nilai utama: Trust, Optimistic, dan Patriotic.

Nilai-nilainya diintegrasikan ke dalam kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler untuk membantu siswa mengembangkan kepribadian yang dapat dipercaya, optimis, dan mencintai tanah air.

Kepribadian “Trust” mengajarkan siswa untuk menjadi individu yang dapat dipercaya, memiliki integritas tinggi, dan dapat diandalkan oleh orang lain. Ini dibangun melalui pembiasaan disiplin, tanggung jawab, dan sikap saling menghargai di lingkungan sekolah.

Sementara itu, nilai “Optimistic” membantu siswa untuk melihat sisi positif dari setiap situasi, mengembangkan ketahanan mental, serta semangat dan keyakinan dalam menghadapi tantangan.

Terakhir, nilai “Patriotic” menginspirasi siswa untuk mencintai dan melayani tanah airnya dengan bangga, memupuk rasa nasionalisme dan kecintaan pada budaya dan sejarah Indonesia.

Baca Juga :  IT Telkom Purwokerto dan Banyumas TV Wujudkan Mutiara Hikmah

Di sisi lain, konsep SMART School membawa pendekatan pembelajaran yang holistik, meliputi Sciences, Mathematics, Arts, Religious, dan Tahfidz.

Dengan mengintegrasikan bidang-bidang tersebut ke dalam kurikulum, SMP Negeri 2 Kota Magelang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan potensi mereka di berbagai bidang, mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks dan beragam.

Pembelajaran Sciences dan Mathematics menekankan pengembangan pemikiran kritis, kreativitas, dan kemampuan analitis siswa dalam memecahkan masalah.

Bidang Arts memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui seni visual, musik, tari, dan teater.

Sementara Religious membantu mereka memahami nilai-nilai keagamaan dan moral yang mendasari kehidupan mereka.

Tidak kalah pentingnya, tahfidz, atau mempelajari Al-Qur’an dengan hafalan, menjadi bagian integral dari pendidikan di SMPN2 Kota Magelang. Ini membantu siswa dalam memperdalam pemahaman dan ketaatan mereka terhadap ajaran agama Islam.

“SMP 2 Menjadi sekolah yang paling diminati oleh banyak orang karena banyak sekali kegiatan positif didalamnya,” ujar Reza salah satu murid kelas 8.

Melalui konsep TOP dan SMART School, SMP Negeri 2 Kota Magelang membuktikan komitmennya untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan demi masa depan yang lebih baik bagi siswa dan bangsa.

Dengan memberikan landasan yang kokoh dalam pembentukan karakter dan pengembangan keterampilan, sekolah ini berharap dapat menjadi wadah yang menginspirasi dan membentuk generasi unggul yang siap menghadapi tantangan masa depan. (fatih/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?