BARU. Mahasiswa baru UPN Veteran Yogyakarta. (foto: upn)
Siedoo.com - BARU. Mahasiswa baru UPN Veteran Yogyakarta. (foto: upn)
Daerah

Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Didorong Tak Hanya Pahami Bela Negara

YOGYAKARTA, siedoo.com – Di UPN “Veteran” Yogyakarta, para mahasiswa tidak hanya didorong untuk memahami makna bela negara saja. Tetapi juga mampu menerapkan nilai-nilai bela negara dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bisa menjadi karakter dasar bagi setiap mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta.

———

Dalam rangka mengimplementasikan nilai-nilai bela negara, kegiatan ospek di UPN “Veteran” Yogyakarta dinamakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN).

Pada pelaksanaannya, PKKBN akan dibagi menjadi tiga kategori. Yakni, PKKBN Universitas, PKKBN Fakultas, dan PKKBN Jurusan.

“PKKBN Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) menjadi salah satu PKKBN di Tingkat Fakultas serta menjadi langkah awal guna membangun nilai-nilai bela negara bagi WIMADA FISIP (sebutan bagi mahasiswa baru FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta,” kata Ratri dari Divisi Humas PKKBN FISIP 2023 UPN “Veteran” Yogyakarta dalam rilisnya.

Di tahun 2023 ini, PKKBN FISIP akan dilaksanakan pada Senin, 14 Agustus 2023 dan dilakukan secara luring bertempat di Kampus 2 UPN Veteran Yogyakarta di Babarsari.

Kegiatan tersebut akan diikuti oleh kurang lebih 800 mahasiswa baru dari berbagai daerah di Indonesia.

Film Harry Potter dipilih sebagai konsep PKKBN tahun 2023 ini dengan berdasar pada keyakinan bahwa tokoh Harry Potter memiliki kepribadian yang selalu gigih dan mau terus belajar.

“Tokoh tersebut dinilai mampu melambangkan mahasiswa yang berkarakter kuat dalam bela negara,” tandasnya.

Sementara itu, acara ini juga mengangkat tema “NEGENTROPHY- every ending is a new beginning.” Istilah “Entrophy” mengacu pada kondisi di mana kesadaran manusia belum teratur dan terstruktur dengan baik.

Sehingga, meski kita memiliki banyak pengetahuan, perasaan, dan lain sebagainya, tetapi seringkali hal-hal tersebut belum terintegrasi dengan baik. Namun, melalui “Negentrophy” kesadaran akan tersusun dengan baik sehingga pengetahuan seseorang saling terkait menjadi kesatuan yang utuh, tujuan yang jelas, serta tanggung jawab dan semangat kerja yang tinggi.

Baca Juga :  3 Perguruan Tinggi Top di Temanggung

Sesuai dengan konsep acara dan tema yang telah ditetapkan sebelumnya, pada PKKBN FISIP 2023 akan terdapat rangkaian acara yang dikemas secara seru, tetapi tetap formal.

“Sehingga diharapkan kegiatan ini mampu memberi kesan yang baik dan membentuk karakter bagi mahasiswa baru serta menjadikan mereka aktif dalam mengimplementasikan nilai-nilai bela negara di kehidupan sehari-hari,” tandasnya.

Adanya persaingan yang semakin ketat di dunia kerja maka perencanaan dan persiapan karir menjadi hal yang sangat penting bagi mahasiswa. Sehingga dalam acara PKKBN FISIP ini, akan ada sebuah talkshow bertema “Career Planning” dengan menghadirkan pembicara berkompeten di bidangnya.

Esensi dari talkshow tersebut yaitu untuk mengembangkan perspektif baru yang kuat dalam membangun karier, membantu jiwa pionir yang kreatif, inovatif, serta semangat bela negara untuk memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara.

Selain itu, akan terdapat materi lain sebagai sarana penunjang bagi mahasiswa baru untuk mengenal kehidupan kampus. Tujuannya yakni agar mereka siap dalam memasuki masa transisi dari siswa menjadi seorang mahasiswa.

Meskipun begitu, supaya kegiatan tidak berlangsung monoton dan membosankan, akan ada beberapa kegiatan menyenangkan seperti senam, games, ice breaking, dan ngobrol santai.

Sekadar diketahui, beberapa hari sebelum pelaksanaan PKKBN, para WIMADA FISIP akan diberi tugas sebagai esensi guna menimbulkan rasa tanggung jawab dan meningkatkan berbagai skill seperti manajemen waktu, berpikir kreatif dan inovatif, resolusi konflik, teamwork, dan networking.

Ditetapkannya berbagai peraturan yang belaku selama masa pra-PKKBN hingga saat PKKBN kepada mahasiswa baru dilakukan guna membentuk sikap disiplin sebagai bentuk dasar dalam mewujudkan bela negara.

Terakhir, PKKBN FISIP 2023 diharapkan mampu menjadi langkah awal dalam membangun jiwa pionir dan semangat bela negara.

Baca Juga :  Pertama Kali, Disdikbud Kaltim Gelar Lomba Ceramah Online Tingkat SMA dan SMK

“Para mahasiswa baru pun diharapkan dapat mewujudkan UPN “Veteran” Yogyakarta sebagai Kampus Bela Negara melalui mereka sebagai salah satu entitas di dalamnya,” jelasnya. (upn/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?