PAPARAN. Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz saat memberikan paparan. (foto: prokompimkotamgl)
Siedoo.com - PAPARAN. Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz saat memberikan paparan. (foto: prokompimkotamgl)
Daerah Politik

Di Kota Magelang Tren Angka Partisipasi Pemilih Terus Meningkat, Lebihi Target Nasional

MAGELANG, siedoo.com –  Pentingnya Sinergitas dan Integritas dalam Mendukung Sukses Pemilu 2024 yang Demokratis, Jujur, Adil, Damai, Aman dan Kondusif menjadi tema dalam Forum Komunikasi Politik Menuju Sukses dalam Pemilu Tahun 2024. Kegiatan digelar Badan Kesbangpol Kota Magelang di Prambanan Hall Hotel Puri Asri, belakangan ini.

———

Hadiri 50 peserta dari partai politik dan ormas di wilayah tersebut. Sebagai narasumber Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz, Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, Ketua Bawaslu Kota Magelang Sri Endang Rahayu.

Lalu ada Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron, Pj Sekda Larsita, Kepala Badan Kesbangpol Kota Magelang Agus Satiyo Hariyadi dan segenap tamu undangan.

Wali Kota menyampaikan forum diskusi politik sebagai bagian dari pendidikan politik mutlak diperlukan untuk mendukung upaya rekrutmen politik yang efektif. Tentunnya dalam rangka menghasilkan kader-kader partai yang memiliki pengetahuan dan pemahaman bidang politik serta kapabel untuk menjadi pemimpin.

“Kegiatan ini sangat positif untuk menyongsong Pemilu serentak 2024 yang aman dan tertib, serta bagian dari upaya memberikan pendidikan dan pemahaman masyarakat dalam menjalani proses politik dan berdemokrasi,” terangnya.

Dokter Aziz menekankan pentingnya demokrasi yang memperhatikan norma-norma dan kaidah yang ada, beretika dan santun, serta tetap berpegang teguh pada falsafah dan kepribadian bangsa.

Berkaca dari penyelenggaraan pemilu dan pilkada tahun-tahun sebelumnya, lanjutnya, seluruh proses pemilu di Kota Magelang berjalan lancar. Itu mulai dari tahapan sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan, hingga penghitungan dan rekapitulasi suara.

Dokter Aziz menyebutkan, tren angka partisipasi pemilih terus meningkat di Kota Magelang. Pada Pilkada serentak 2019 misalnya, angka partisipasi pemilih adalah sebesar 77,64 %. Ini melebihi target pemilih nasional yakni sebesar 77,5 %;

Baca Juga :  PUSBA UNIMMA Ajak Mahasiswa Outbond, Terapkan English Fun Learning

Kemudian pada Pemilu serentak 2019, tercatat 86,9 % partisipasi pemilih melampaui target partisipasi nasional sebesar 77,5 %. Pada Pilkada 2020, angka partisipasi pemilih tercatat 76,85 %, melampaui target nasional sebesar 77,5 %.

“Dari catatan tersebut, merupakan kebanggaan bagi kita semua, bahwa warga Kota Magelang memiliki antusiasme tinggi dalam proses demokrasi,” ucapnya.

Dokter Aziz pun berpesan kepada perangkat daerah terkait di lingkungan Pemerintah Kota Magelang agar memberikan dukungan penuh dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Begitu pula untuk masyarakat agar proaktif untuk menyaring sumber-sumber informasi yang valid dan proaktif untuk memerangi hoaks terkait isu-isu politik.

“Tunjukkan etika dan kedewasaan dalam berdemokrasi, serta bijaksana dalam menerima setiap berita dan informasi terkait isu-isu politik yang beredar di berbagai media,” pungkasnya. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?