UJI. Salah satu siswi SMPIT Ihsanul Fikri saat menjalani Imtihan atau uji bacaan Al-Qur'an secara terbuka di depan publik. (foto: istimewa)
Siedoo.com - UJI. Salah satu siswi SMPIT Ihsanul Fikri saat menjalani Imtihan atau uji bacaan Al-Qur'an secara terbuka di depan publik. (foto: istimewa)
ADV Kegiatan

Bentuk Uji Capaian Siswa, SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid Gelar Khotmil Qur’an dan Imtihan

MAGELANG, siedoo.com – Khotmil Qur’an dan Imtihan sukses digelar SMPIT Ihsanul Fikri Pabelan, Mungkid, Kabupaten Magelang, Ahad 11 Juni 2023. Seperti apa jalannya?

———

Acara dilaksanakan di GOR Haji Asy’ari. Dilangsungkan bersamaan dengan akhirussanah atau wisuda purna siswa kelas IX SMPIT IF Pabelan, Mungkid. Pesertanya siswa kelas IX atau wisudawan dan wisudawati tahun ini.

Khotmil Qur’an merupakan membaca Al-Qur’an hingga khatam atau surat terakhir. Imtihan merupakan uji bacaan Al-Qur’an secara terbuka di depan publik.

“Harapannya siswa-siswi kelas IX ketika lulus dapat memiliki capaian dari kegiatan membaca Al-Qur’an yang rutin dilaksanakan di Ihsanul Fikri,” ujar Khoirul Bashooir, penanggung jawab sie acara.

Bashooir menjelaskan saat Khotmil Qur’an, siswa-siswi membaca Surat At Takasur sampai An Nas secara bersama-sama dan dilanjutkan dengan berdoa bersama.

“Saat Imtihan beberapa siswa dipanggil ke depan untuk diberikan soal dari Ummi Foundation. Bahkan dari orang tua masing-masing,” tutur Bashooir.

Siswa yang maju ke depan dipilih oleh orang tua masing-masing. Ada pula yang dipilih oleh Fatkhur Razhi, M.Pd., salah satu traineer dari Ummi Foundation. Beberapa siswa tersebut adalah:

1. Alfa Falahilah Manggala (9D)

2. Naura azka nadhira (9F)

3. Maularasya Fabianiko (9A)

4. Abdullah Nasikh Ulwan (9C)

5. Janeta Nasywatul Mirza (9F)

Acara berlangsung dengan lancar. Audien termasuk orang tua siswa pun antusias dan apresiatif dalam mengikuti acara ini.

Dalam Khotmil Qur’an dan Imtihan, sekolah bekerjasama dengan Ummi Foundation. Sebelumnya, sejak awal tahun pelajaran 2022/2023, sekolah sudah bekerjasama dengan Ummi Foundation untuk program belajar Al-Qur’an di sekolah. Yaitu, Tahsin (bacaan) dan Tahfidz (hafalan). (hesti/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?