INSTRUKSI. Pemberian instruksi pada siswa sebelum memulai outbond di puncak Gunung Tidar. (foto: istimewa)
Siedoo.com - INSTRUKSI. Pemberian instruksi pada siswa sebelum memulai outbond di puncak Gunung Tidar. (foto: istimewa)
ADV Kegiatan

Penilaian Kepramukaan Akhir Semester, 149 Siswa SMPN 11 Kota Magelang Outbond di Puncak Gunung Tidar

MAGELANG, siedoo.com – Sebanyak 149 siswa kelas VIII SMPN 11 Kota Magelang memadati area Kebun Raya Gunung Tidar, Rabu 14 Juni 2023. Mereka mengikuti kegiatan Penilaian Kepramukaan Akhir Semester.

———

Tujuannya membentuk karakter pancasilais siswa melalui pengembangan pendidikan kepramukaan.

Kepala SMPN 11 Magelang, Agus Setya Kristyanto mengatakan, setidaknya kegiatan seperti ini dilaksanakan satu semester sekali.

Output kegiatan ini adalah membentuk karakter siswa. Sehingga, memiliki semangat religius, nasionalisme, cinta tanah air bangsa dan negara, sesuai dengan prinsip Dasa Dharma Pramuka,” jelas Agus.

Siswa peserta kegiatan mulai berkumpul di pintu masuk Kebun Raya Gunung Tidar pukul 07.15 WIB. Kemudian, siswa mulai berjalan menuju puncak Gunung Tidar pukul 08.00 WIB.

Mereka didampingi waka kesiswaan dan beberapa guru maupun wali kelas yang menjadi pembina GUDEP 02.230.231.S pangkalan SMPN 11 Kota Magelang.

Sesampainya di puncak, siswa peserta kegiatan mengikuti outbond kepramukaan secara berkelompok. Nantinya, hasilnya menjadi penilaian ekstrakuriker Pramuka.

Menurut Agus, beberapa kegiatan diambil dari syarat kecakapan umum dan khusus kepramukaan. Menariknya, saat naik menuju puncak Gunung Tidar, siswa diminta untuk menghitung ratusan anak tangga menjadi rute ke puncak. Hal itu dilakukan untuk melatih strategi dan konsentrasi siswa.

Agus berharap dengan adanya kegiatan ini, terlebih yang dilaksanakan di alam terbuka, selain membentuk karakter siswa juga dapat mengenalkan siswa dengan objek wisata di Magelang.

Siswa-siswi peserta antusias dalam mengikutinya. Beberapa siswa terkesan dengan kegiatan ini. Mengingat, kegiatan di Gunung Tidar ini merupakan pertama kali diikuti angkatan mereka.

“Kegiatannya seru. Baru kali ini satu angkatan (kelas VIII) mengikuti kegiatan di sini. Selain itu, jadi bisa kumpul satu angkatan,” tutur Nayzilla Zafirahfan, siswi kelas VIII B.

Baca Juga :  32 Siswa MIM Teladan Diwisuda, Yang Berprestasi Diberi Penghargaan

Selain itu, menurut siswi lain dari VIII E, Raras Putri, kegiatan tersebut bisa menambah pengalaman.

“Di sini bisa menambah pengalaman. Apalagi untuk anak SMPN 11 Magelang yang belum pernah ke Gunung Tidar. Jadi sekalian nambah wawasan kita,” akunya.

Sebelum mengikuti kegiatan, siswa mempersiapkan beberapa kebutuhan, seperti persiapan fisik, pikiran, dan bekal makanan.

“Kalau saya mempersiapkan fisik. Kedua pikiran, karena kalau capek itu bisa kurang fokus. Jadi itu perlu buat dipersiapkan,” ujar Raras.

Zilla dan Raras juga berharap agar nantinya siswa-siswa SMPN 11 Magelang lebih berwawasan tentang alam, lebih mengerti kepramukaan, dan menerapkan sikap disiplin.

Sebelumnya, dalam rangka penilaian kepramukaan, siswa kelas IX juga mengikuti kegiatan serupa pada beberapa bulan sebelumnya. Sementara siswa kelas VII mengikuti kemah besar pada bulan lalu (hesti/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?