TUAN RUMAH. MTCC UNIMMA menjadi tuan rumah dalam memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) pada 31 Mei 2023. (sumber: unimma)
Siedoo.com - TUAN RUMAH. MTCC UNIMMA menjadi tuan rumah dalam memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) pada 31 Mei 2023. (sumber: unimma)
Daerah

MTCC UNIMMA Menjadi Tuan Rumah Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Berikut Agendanya

MAGELANG, siedoo.com – Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTCC) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menjadi tuan rumah dalam memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) pada 31 Mei 2023 mendatang.

Indonesian Conference on Tobacco or Health (ICTOH) ke-8 digelar secara luring. Agenda tersebut digelar Tobacco Control Support Center Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (TCSC IAKMI).

Mengangkat tema yang sama dengan HTTS tahun 2023, yaitu “We Need Food Not Tobacco”, ICTOH ke-8 dilaksanakan mulai Senin-Kamis (29/5-1/6) secara hybrid di Hotel Puri Asri Magelang.

Sebagai konferensi tentang tembakau atau kesehatan di Indonesia, ICTOH ke-8 memiliki tujuan mendorong pemerintah Indonesia agar memperkuat kebijakan pro kesehatan masyarakat. Salah satunya dengan mendorong kebiasaan belanja rokok ke kebutuhan pangan bergizi.

Ketua MTCC UNIMMA, Dr. Dra. Retno Rusdjijati, MKes mengatakan terpilihnya Magelang sebagai lokasi kegiatan ICTOH tak lepas dari latar belakang wilayah yang dikelilingi oleh pertanian tembakau.

“MTCC memang memiliki program kerja pendampingan bagi petani tembakau,” ujar Retno.

Untuk itu, kehadiran ICTOH tahun ini di Magelang diharapkan memperkuat kerja sama proaktif pengendalian rokok sekaligus menjamin kualitas kesehatan hidup masyarakat setempat, termasuk masyarakat Indonesia secara umum. Terutama dalam menjamin ketersediaan kebutuhan pangan pokok ketimbang rokok dalam rumah tangga.

Selain praktisi, akademisi dan anak muda, ICTOH ke-8 juga mengundang pejabat pemangku kebijakan daerah se-Jawa Tengah. Para bupati dan walikota dari beberapa wilayah di Jawa Tengah tersebut akan membagikan pengalaman mereka dalam merumuskan dan mengimplementasikan kebijakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Ketua Panitia, dr. Sumarjati Arjoso, SKM menyatakan pengendalian pandemi yang cukup baik akhirnya membantu penyelenggaraan ICTOH tahun ini terselenggara kembali secara luring.

Meski demikian, kegiatan ICTOH ke-8 masih akan mengakomodasi peserta daring (hybrid) yang terdiri dari 4 plenari, 5 simposium, 4 diskusi paralel, presentasi poster, dan kunjungan lapangan ke embung dan pertanian tembakau.

Baca Juga :  Rajin Baca Alquran, Akan Terhidar dari Kesempitan

“Panitia menerima tidak kurang dari 55 abstrak yang berasal dari berbagai organisasi, institusi dan kampus, yang akan dipresentasikan dalam sesi paralel dan poster,” jelasnya. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?