LEPAS SAMBUT. Bupati Magelang Zaenal Arifin saat menghadiri acara lepas sambut Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Magelang. (foto: prokompimkabmgl)
Siedoo.com - LEPAS SAMBUT. Bupati Magelang Zaenal Arifin saat menghadiri acara lepas sambut Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Magelang. (foto: prokompimkabmgl)
Daerah

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Magelang Berganti, dari Siapa ke Siapa?

MAGELANG, siedoo.com – Pucuk pimpinan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Magelang berganti. Kini dijabat H Muhammad Miftah. Sebelumnya H Panut. Bupati Magelang Zaenal Arifin menghadiri acara lepas sambut pergantian tersebut di Gedung Serba Guna Kantor Kemenag, Selasa (9/5/2023).

Menurutnya, pergantian kepemimpinan bisa juga dimaknai sebagai upaya peningkatan dan pengembangan kualitas serta kapasitas yang diharapkan mampu menjawab sekaligus bisa mengatasi berbagai persoalan atau tantangan yang dihadapi.

Apalagi, tantangan kehidupan bangsa dan pembangunan di bidang agama semakin kompleks, seiring perubahan masyarakat yang sangat dinamis dalam lingkup nasional dan global.

“Fenomena liberalisme, materialisme dan ekstrimisme yang merasuk ke dalam tatanan kehidupan bangsa kita, bila tidak diantisipasi bisa menjadi ancaman terhadap kehidupan beragama, ketenteraman keluarga dan stabilitas masyarakat,” kata Zaenal.

Lebih lanjut Zaenal mengatakan, merawat kebhinekaan dan kerukunan antar umat dalam pembangunan bidang agama, menjadi jati diri Kementerian Agama untuk memperkuat moral dalam mendorong kemajuan sekaligus perekat integrasi bangsa.

“Disinilah kami memandang Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang di bawah kepemimpinan Bapak Haji Panut yang humanis dengan masyarakat Kabupaten Magelang telah terpelihara dengan baik,” katanya.

Untuk diketahui bahwa Kepala Kemenag Kabupaten Magelang H Panut telah bertugas selama kurang lebih 1,5 tahun di Kabupaten Magelang dan akan berpindah tugas di Kantor Kemenag Wonosobo.

Sementara jabatan Kepala Kemenag Kabupaten Magelang digantikan oleh H Muhammad Miftah yang sebelumnya bertugas di Kantor Kemenag Salatiga. Sementara, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Magelang (lama) H Panut menyampaikan kesan mendalam selama bertugas di Kabupaten Magelang.

Ia mengatakan Kabupaten Magelang adalah wilayah yang tergolong unik dimana masyarakatnya memiliki nilai-nilai toleransi yang sangat tinggi sehingga mendapatkan peringkat toleransi terbaik ke 6 di Jawa Tengah.

Baca Juga :  Mengembangkan Kota Magelang Sebagai Kota Pendidikan

“Sudah tentu keberhasilan dalam menjaga nilai toleransi antar umat beragama di Kabupaten Magelang ini tidak lepas dari peran serta Bupati Magelang yang selalu mengedepankan misinya yaitu Sedaya Amanah,” kata, H Panut

Sedangkan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Magelang (baru) H Muhammad Miftah menyampaikan akan melanjutkan dan selalu bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Magelang dan jajaran Forkompimda untuk bersama membangun Kabupaten Magelang di bidang agama. (prokompim/kabmgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?