KUNJUNGAN. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengunjungi para siswa di SD Kanisius Kenalan Borobudur. (foto: prokompimkabmgl)
Siedoo.com - KUNJUNGAN. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengunjungi para siswa di SD Kanisius Kenalan Borobudur. (foto: prokompimkabmgl)
Pendidikan

Disurati Tiga Siswa, Ganjar Pranowo Kunjungi SD Kanisius Kenalan, Apa Inti Suratnya?

MAGELANG, siedoo.com – Akhirnya SD Kanisius di Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang dikunjungi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Senin 8 Mei 2023. Hal itu setelah menerima surat dari tiga siswa di sekolah tersebut yang meminta agar gubernur bisa berkunjung dan menyaksikan kegiatan di SD tersebut.

“Jadi kemarin ada tiga siswa (dari SD Kanisius Kenalan) yang mengirim surat ke saya, yang meminta Pak Gubernur datang dong ke sekolahan saya (yang lebih dikenal dengan sebutan Republik Anak Kenalan),” ungkap Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ketiga siswa SD Kanisius Kenalan yang mengirim surat kepada Gubernur Jawa Tengah itu adalah Maria Gita, Vicencia Love dan Maria Alena. Bukan tanpa sebab ketiga siswa ini berani mengirimkan surat kepada orang nomor satu di Jawa Tengah itu, melainkan mereka ingin menunjukkan beberapa kegiatan di sekolahnya yang dirasa sangat menarik.

“Tadi Maria Alena menyampaikan, ini Pak Gubernur kami punya kegiatan Tilik Belik (menengok sumber mata air). Jadi anak-anak sudah diajarkan sejak kecil mau mengerti kondisi lingkungannya secara khusus, bahwa mata air sebagai sumber kehidupan,” jelas Ganjar.

Lanjut Ganjar, kemudian kegiatan Sobo Wono dimana siswa SD Kanisius ini juga melakukan blusukan ke hutan dan ke kebun untuk mengenal tanaman dan mengerti kondisinya.

“Kemudian ada juga kegiatan Tospo yang saya rasa sangat menarik. Ini Tengok Orang Sakit dan Jompo yang mengajarkan rasa kemanusiaan kepada kawan, sahabat termasuk orang tua. Juga ada kegiatan Remen Peken yaitu suka ke pasar, dan tentu saja secara tradisional anak-anak mulai dikenalkan kepada kegiatan setiap hari yang ada di lingkungan mereka. Kalau Bung Karno bilang itu kepribadian dalam kebudayaan,” kata Ganjar.

Baca Juga :  Panselnas Umumkan Hasil Seleksi PPPK Guru Pertengahan Februari 2023

Pada kesempatan yang sama, Ganjar juga memberikan hadiah berupa Handphone (untuk belajar) kepada tiga siswa SD tersebut yang telah menjadi pelopor kegiatan di SD tersebut.

Sementara Camat Borobudur, Subiyanto sangat mengapresiasi atas kunjungan Gubernur Jawa Tengah beserta rombongannya di SD Kanisius Kenalan Borobudur.

“Tentunya kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Gubernur Jawa Tengah di SD Kanisius Kenalan ini, semoga dengan kehadiran Pak Gubernur ini bisa memberikan semangat tersendiri bagi para siswa di SD Kanisius ini,” ucap Subiyanto. (prokompim/kabmgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?