HARI JADI. Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz saat menjadi inspektur dalam Upacara Peringatan Hari Jadi ke-1117 Kota Magelang. (foto: prokompimkotamgl)
Siedoo.com - HARI JADI. Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz saat menjadi inspektur dalam Upacara Peringatan Hari Jadi ke-1117 Kota Magelang. (foto: prokompimkotamgl)
Daerah

Peringati Hari Jadi ke-1117 Kota Magelang, Wali Kota: Inilah Rumah Kita, Tempat Kita Hidup dan Berkarya

MAGELANG, siedoo.com – Peringatan Hari Jadi ke-1117 Kota Magelang tahun ini bersamaan dengan bulan Ramadan. Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz berharap dapat meningkatkan rasa syukur sekaligus membangkitkan kecintaan dan kebanggaan terhadap Kota Magelang.

“Inilah rumah kita, tempat kita hidup dan berkarya. Ladang pengabdian yang harus dikelola untuk kemakmuran bersama, ” ucap Dokter Aziz dalam amanatnya.

Upacara peringatan tersebut diadakan di Alun-alun Kota Magelang diikuti segenap perwakilan elemen masyarakat dan pejabat pemerintah Kota Magelang, Selasa (11/4/2023). Upacara tahun ini pertama kali digelar di Alun-alun sejak pandemi Covid-19.

Dia melanjutkan, performa pembangunan Kota Magelang terus bergerak ke arah yang lebih baik. Berbagai capaian telah berhasil diraih diantaranya peringkat 2 kota dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Jateng tahun 2022.

“Seiring pertumbuhan ekonomi yang melesat, ketimpangan pengeluaran penduduk Kota Magelang juga semakin rendah, ” sebutnya.

Kemudian, angka kemiskinan ekstrem Kota Magelang tahun 2022 adalah terendah di Jateng. Dalam hal pembangunan gender, Indeks Pembangunan Gender (IPG) Kota Magelang semakin meningkat dari 95,54 menjadi 95,91. Angka tersebut bahkan melampaui IPG Jateng.

Dalam hal kinerja program pencegahan korupsi melalui perbaikan tata kelola pemerintahan yang dilaksanakan pemda di seluruh Indonesia. Capaian monitoring center for preventation (MCP) Kota Magelang melesat dari peringkat 118 ke peringkat 15 nasional dalam kurun waktu setahun.

“Semangat berprestasi ini lah yang harus terus dijaga, karena di dalamnya akan tumbuh nilai-nilai kreativitas dan inovasi yang bergerak secara progresif,” ungkapnya.

Peringatan Hari Jadi ke-1117 Kota Magelang diawali dengan tasyakuran dan doa bersama umat beragama di Alun-alun Kota Magelang, pada Senin (10/4/2023) sore. Maksud dan tujuannya adalah sebagai wujud serta rasa syukur atas limpahan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa serta menumbuhkan kecintaan masyarakat pada Kota Magelang.

Baca Juga :  SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Berupaya Dongkrak Mutu Pendidikan

“Sebagai momentum memanjatkan doa demi keselamatan dan kehidupan yang penuh keberkahan khususnya bagi Kota Magelang dan bangsa Indonesia. Serta menumbuhkan toleransi antarwarga Kota Magelang,” kata Ketua Panitia Tasyakuran dan Doa Bersama Hari Jadi ke-1117 Kota Magelang, Indah Dwi Antari.

Indah menyebutkan tasyakuran dan doa bersama diikuti oleh sekitar 400 peserta dari semua agama di wilayah ini. Serta segenap tamu undangan dan pejabat Forkopimda Kota Magelang.

Untuk memeriahkan Hari Jadi disajikan pagelaran seni budaya berupa barongsai dari kelurahan Magersari dan Tari Soreng SMP Negeri 1 Magelang. Selain itu dibagikan lontong opor bagi masyarakat Kota Magelang untuk berbuka puasa.

Tema Hari Jadi Kota Magelang tahun 2023 adalah “Terhubung dan Tersambung untuk Maju, Sehat dan Bahagia”. Adapun rangkaian kegiatan terbagi menjadi 2 yaitu acara pokok terdiri dari tasyakuran dan upacara peringatan.

Selanjutnya acara tambahan meliputi pawai rumah bersama, pagelaran wayang kulit mantyasih dan wayang kulit di 5 lokasi. Kemudian kegiatan bhakti sosial yang terdiri dari bhakti sosial alat bantu disabilitas, sunatan massal, operasi katarak dan donor darah.

Kegiatan lainnya antara lain gempur rokok ilegal (GRI) Fun Festival, educational festival, penampilan seni budaya dan stand up comedy, sepeda sehat, rally mobil kuno dan festival gethuk. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?