PELATIHAN. Mahasiswa KKN UNY memberikan pelatihan makeup bagi warga. (foto: uny)
Siedoo.com - PELATIHAN. Mahasiswa KKN UNY memberikan pelatihan makeup bagi warga. (foto: uny)
Daerah Kegiatan

Menarik! Mahasiswa KKN UNY Ajarkan Makeup Keseharian Bagi Warga, Tanpa Biaya Banyak

KULONPROGO, siedoo.com – Bagaimana penampilan sehari-hari agar tetap menarik dengan tidak mengeluarkan biaya banyak. Inilah yang menjadi perhatian mahasiswa KKN UNY di Panjatan IV Kulonprogo yang menggagas pelatihan tata rias dan penataan hijab bagi warga setempat.

Ketua KKN Vokasi 14 Panjatan IV Fizar Raga Alam mengatakan pelatihan ini juga untuk menunjang penampilan pada saat hari Raya Idul Fitri yang dimana masyarakat sangat memperhatikan fashion dan penampilan wajah.

“Tujuannya untuk melatih Ibu-ibu berpenampilan baik khususnya makeup sehari-hari dan bagaimana penataan hijab yang rapi serta memberikan pengetahuan praktis dan praktik langsung menggunakan alat-alat tata rias khususnya wajah untuk kegiatan dan berbagai acara,” kata mahasiswa prodi D4 Teknik Boga Fakultas Vokasi UNY tersebut, belakangan ini.

Menurut penanggungjawab kegiatan Susan Safitri, kegiatan pelatihan ini memberikan nilai pengetahuan yang dapat diterapkan dalam aktivitas pekerjaan sehari-hari, dalam pergaulan maupun di rumah tangga.

“Kami berikan tutorial cara memakai kosmetik yang digunakan, juga alat dan bahannya” kata mahasiswa prodi D4 Tata Rias dan Kecantikan Fakultas Vokasi UNY tersebut.

Susan Safitri menjelaskan, terdapat berbagai macam kosmetik yang bisa digunakan. Diantaranya milk cleansing untuk membersihkan wajah, penyegar untuk menyegarkan wajah dan menutup pori-pori, pelembab untuk melindungi kulit dari      kosmetik yang berbahaya, serta alas bedak atau foundation untuk menutupi atau mengcover wajah.

“Untuk bedak ada dua jenis yaitu bedak tabur dan bedak padat. Fungsinya sama untuk mengcover wajah” papar Susan.

Untuk bagian mata ada eye shadow untuk memberikan warna pada kelopak mata, eyeliner liquid untuk menggaris sekeliling mata jika menggunakan bulu mata palsu dan eyeliner pencil untuk membingkai bawah mata.

Masih ada mascara berbentuk cream untuk melentikkan dan membuat kesan bulu mata bertambah panjang dan tebal. Sebagai pelengkap ada blush-on untuk memberikan rona pipi dan kesan segar pada wajah, lipstik untuk mewarnai bibir dengan warna yang sesuai, pensil alis untuk membentuk alis serta contour untuk mengkontur wajah.

Baca Juga :  Meski Zona Hijau, Kota Magelang Tetap Tunda Pembelajaran Tatap Muka

Cara mengaplikasikan makeup untuk tampil keseharian, pertama kali bersihkan wajah dengan milk cleansing dan penyegar lalu aplikasikan pelembab pada wajah disusul dengan primer, foundation liquid mix padat serta bedak tabur atau padat.

Bingkai alis kemudian isi dengan eyebrow, lakukan koreksi mata lalu aplikasikan eyeshadow berwarna muda kemudian gelap. Aplikasikan eyeliner cair, mascara, contour, shading, tint, dan blush on.

Kemudian highliter dan rapikan rias wajah dari butiran makeup yang tidak menempel pada wajah menggunakan kuas. Terakhir mengaplikasikan lipstik dan setting spray sebagai finishing.

Kegiatan ini direspon baik dan sangat excited oleh para ibu warga setempat. Salah satu peserta pelatihan, Marinah mengaku senang karena sebelumnya kurang memahami macam-macam kosmetik, langkah rias wajah, dan teknik membuat alis yang benar.

“Kini saya bisa menggunakan makeup di berbagai acara dan menambah kepercayaan diri” katanya. (uny/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?