KOORDINASI. Bupati Magelang Zaenal Arifin bersama jajaran Forkompimda Kabupaten Magelang dan Kapolres Magelang Kota saat melaksanakan Rapat Koordinasi dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah Kabupaten Magelang pada bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H. (foto: prokompimkabmgl)
Siedoo.com - KOORDINASI. Bupati Magelang Zaenal Arifin bersama jajaran Forkompimda Kabupaten Magelang dan Kapolres Magelang Kota saat melaksanakan Rapat Koordinasi dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah Kabupaten Magelang pada bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H. (foto: prokompimkabmgl)
Daerah

Jamin Ketersediaan Bahan Pokok dan Keamanan Pada Hari Raya Idul Fitri 1444 H di Kabupaten Magelang

MAGELANG, siedoo.com – Pemerintah Kabupaten Magelang memastikan ketersediaan barang kebutuhan pokok masyarakat dalam kondisi tersedia/dalam kondisi siaga 1 (aman).

Bupati Magelang Zaenal Arifin menginstruksikan kepada Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah untuk mengintensifkan pelaksanaan operasi pengawasan distribusi bahan berbahaya yang disalahgunakan dalam pangan seperti formalin, rodamin B, borax, methanol yellow dan lainnya.

“Pastikan bahwa kebutuhan pokok masyarakat cukup tersedia di Kabupaten Magelang,” tuturnya usai melaksanakan rakor persiapan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H di Ruang Bina Karya Setda Kabupaten Magelang, Senin (3/4/2023).

“Antisipasi juga ketersediaan barang-barang kebutuhan yang terbatas, kelancaran distribusinya, stok dan harga BBM dan LPG di lapangan, serta upaya pencegahan penimbunan barang yang sering kali terjadi menjelang Hari Raya Idul Fitri,” tambahnya.

Khusus mengenai ketersediaan BBM dan LPG diharapkan dari pihak PT Pertamina, Distributor, Agen dan pangkalannya untuk mengantisipasi melonjaknya kebutuhan menjelang Lebaran dengan menaikkan jumlah stok barang, sehingga tidak sampai ada kelangkaan dan antrian panjang di lapangan.

“Kami himbau juga kepada PDAM Tirta Gemilang dan OPD terkait yang menangani ketersediaan air minum dan air bersih untuk terus melakukan pemantauan di lapangan, segera lakukan pemetaan daerah krisis air dan persiapkan segala prasarana distribusinya,” tegas, Zaenal.

Menurut Zaenal, lebaran tahun ini (2023) diperkirakan akan ada Euforia yang luar biasa. Kabupaten Magelang yang memiliki destinasi super prioritas (Candi Borobudur) tentu akan menarik para wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk berlibur. Oleh karena itu, perlu dipersiapkan segala sesuatunya agar pengunjung tetap merasa aman dan nyaman.

“Kami persilahkan untuk datang ke Magelang tidak hanya di Borobudur. Kita punya obyek wisata Ketep Pass, Nepal Van Java, Khayangan, Kalibening dan kita akan layani dengan baik,” ungkapnya.

Baca Juga :  Gelar Piala Rektor UNIMMA, TSPM Cetak Atlet Pencak Silat

Sementara, Kapolresta Magelang AKBP Kombes Pol Ruruh Wicaksono menyampaikan terkait harga kebutuhan pokok, dari hasil pantauan di lapangan yang telah dilakukan oleh jajarannya yang mengalami kenaikan adalah harga telur. Namun menurutnya secara signifikan belum ada yang mengkhawatirkan.

“Kemarin kami juga telah melakukan operasi pasar bersama instansi terkait untuk memastikan jangan sampai ada yang menimbun bahan pokok seperti beras,” ungkap Kombes Pol Ruruh.

Kombes Pol Ruruh Wicaksono mengatakan untuk mengantisipasi Kamtibmas dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1444 H akan diadakan Operasi Ketupat yang akan dimulai pada tanggal 19 April – 2 Mei 2023.

“Tentunya selain pemasangan Pospam (Pos Pengamanan) kita harapkan selain tindak kejahatan tidak ada kejadian-kejadian yang lain termasuk bencana alam seperti erupsi Merapi dan tanah longsor,” harapnya.

Untuk diketahui, pengamanan pada Hari Raya Idul Fitri 1444 H Polresta Magelang sendiri akan menerjunkan sebanyak 447 personil di lapangan. (prokompim/kabmgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?