PUNCAK. Monumen Tanah Air Satu Bangsa yang ada di puncak Gunung Tidar. (foto: kebunrayagunungtidar)
Siedoo.com - PUNCAK. Monumen Tanah Air Satu Bangsa yang ada di puncak Gunung Tidar. (foto: kebunrayagunungtidar)
Daerah

Bawa Bendera Merah Putih, 7.993 Orang Bergandengan Tangan akan ‘Rangkul’ Gunung Tidar Magelang

MAGELANG, siedoo.com – Peringatan HUT ke-73 Satpol PP, HUT ke-61 Satlinmas dan HUT ke-104 Pemadam Kebakaran (Damkar) tingkat Provinsi Jawa Tengah pada 14-15 Maret 2023 akan dipusatkan di Kota Magelang.

Penjabat (Pj) Sekda Kota Magelang, Larsita mengungkapkan, menjadi kehormatan karena peringatan HUT Satpol PP, Satlinmas dan Damkar tingkat Jateng tahun ini dipusatkan di Kota Magelang. Seluruh persiapan telah dilakukan mulai dari penentuan titik/lokasi parkir, transit, pengamanan, kesehatan dan sebagainya.

“Ini menjadi suatu kehormatan bagi Kota Magelang. Kita back-up peringatan HUT Satpol PP, Satlinmas dan Damkar ini agar berjalan baik sejak pra sampai selesai kegiatan,” ujar Larsita.

Menurutnya, ribuan tamu yang datang ke Kota Magelang diharapkan berdampak positif bagi Kota Magelang, terutama dari sektor ekonomi. Mereka akan membutuhkan akomodasi, kuliner dan kunjungan ke destinasi-destinasi wisata di wilayah ini.

Ribuan personel dari unsur Satpol PP, Satlinmas dan Damkar seluruh Kabupaten dan Kota di provinsi tersebut akan hadir menyemarakkan peringatan tersebut.

Rangkaian kegiatan dimulai pada Selasa 14 Maret 2023, dengan agenda turnamen tenis dan pagelaran wayang kulit di kompleks GOR Sanden.

Puncaknya pada Rabu, 15 Maret 2023, seremonial yang rencananya akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta jajaran di halaman depan Kantor Pemkot Magelang, Jalan Jenderal Sarwo Edhi Wibowo No 2 Magelang.

Kegiatan akan dilanjutkan dengan aksi bergandengan tangan “merangkul” Gunung Tidar yang melibatkan anggota Satpol PP, Linmas, Damkar se-Jateng serta unsur TNI, Polri, ASN, Ormas, Pelajar serta seluruh tamu undangan yang hadir.

Kepala Satpol PP Provinsi Jateng, Budi Santoso menyebutkan, total peserta yang akan bergandengan tangan melingkari Gunung Tidar ada 7.993 orang. Seluruh peserta membawa bendera merah putih dan pengibaran bendera juga dilakukan di puncak Gunung Tidar.

Baca Juga :  Bekali Siswa Materi Penanggulangan Bencana

“HUT Satpol PP, Satlinmas dan Damkar tahun ini kita kemas dalam bentuk simbolisasi, mereka siap bergandengan tangan melingkari Gunung Tidar yang artinya mereka siap menjaga NKRI dan melayani masyarakat,” jelas Budi.

Hal itu disampaikan usai rapat koordinasi panitia HUT ke-73 Satpol PP, HUT ke-61 Satlinmas dan HUT ke-104 Pemadam Kebakaran (Damkar) tingkat Jateng, di Aula Adipura Pemkot Magelang, Jumat (10/3/2023).

Budi melanjutkan, Gunung Tidar di Kota Magelang menjadi lokasi aksi tersebut karena dari lembah Tidar lahir pemimpin bangsa yang berangkat dari TNI khususnya yang tersebar di seantero nusantara menjaga kedaulatan negara.

Gunung Tidar sebagai Pakuning Tanah Jawa memiliki sejarah legenda perjuangan menjaga keseimbangan perilaku kebaikan untuk harmonisasi ketertiban umum, ketentraman dan perlindungan masyarakat.

“Ini bentuk pengorbanan kita kepada masyarakat, kapan pun, dimana pun, siap melayani masyarakat. Seperti kejadian kebakaran, masyarakat yang perlu dilindungi, kecelakaan yang tidak bisa dilayani instansi lain misalnya melepaskan cincin, operasi tangkap tawon dan sebagainya,” terang Budi. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?