KERJA SAMA. Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dilakukan oleh Fakultas Teknik Universitas Tidar dan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Daerah Jawa Tengah. (foto: untidar)
Siedoo.com - KERJA SAMA. Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dilakukan oleh Fakultas Teknik Universitas Tidar dan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Daerah Jawa Tengah. (foto: untidar)
Kegiatan Pendidikan

Kembangkan Amatir Radio, Fakultas Teknik UNTIDAR Jalin Kerja Sama dengan ORARI Jateng

MAGELANG, siedoo.com – Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dilakukan oleh Fakultas Teknik Universitas Tidar dan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Daerah Jawa Tengah. Kerja sama ini dalam pengembangan amatir radio.

“Mahasiswa UNTIDAR khususnya Teknik Elektro kami ajak untuk mengenal amatir radio baik secara instrumen maupun manfaatnya,” kata Dekan Fakultas Teknik UNTIDAR, Dr. Ir. Sapto Nisworo, M.T., IPU, ASEAN.Eng dilansir dari laman resmi UNTIDAR, Rabu (8/2/2023).

PKS ditandatangani oleh Dekan Fakultas Teknik UNTIDAR dan Ketua ORARI Jateng, Ir. Drs. JB. Praharto, M.Eng.

Implementasi kerjasama ini diharapkan dapat menghasilkan ide, produk maupun peningkatan SDM dalam pengelolaan amatir radio di era digital seperti saat ini.

Harapannya, mahasiswa mulai terbuka pemikirannya sehingga mulai muncul ide-ide untuk mengembangkan amatir radio agar lebih baik ke depannya.

“Komunikasi dengan amatir radio memiliki manfaat yang banyak salah satunya adalah memberikan informasi saat bencana alam. Di saat sinyal provider mati atau hilang, komunikasi dengan radio amatir masih berfungsi dengan baik,” tambahnya.

Segera setelah penandatangan ini, Fakultas Teknik khususnya Prodi Teknik Elektro, baik dosen maupun mahasiswa akan memulai topik penelitian mengenai amatir radio.

Pengembangan dan penelitian dalam pengembangan komunikasi khususnya amatir radio diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, juga diselenggarakan Kuliah Praktisi Industri “Set Up Emergency Komunikasi Data dengan Radio Over Internet Protocol (ROIP) dan Software Defined Radio (SDR)”.

Set Up Emergency berbasis radio bermanfaat untuk mengomunikasikan data digital dan audio dalam keadaan darurat.

Ketua ORARI Jateng, Ir. Drs. JB. Praharto, M.Eng. mengharapkan agar Kuliah Praktisi Industri dapat menjadi inspirasi untuk memecahkan masalah alam yang terjadi melalui pendekatan ilmiah bidang teknologi komunikasi.

Baca Juga :  SD Islam Al Iman Kota Magelang Peringati Maulid Nabi, Diisi Beragam Kegiatan

“Harapannya, (kita) saling mengisi. UNTIDAR melakukan pendekatan ilmiah tentang amatir radio. Hasilnya, mahasiswa semakin berkualitas. Bisa membaca situasi-situasi sosial dan emergency di sekitarnya,” tuturnya.

Dengan adanya penandatanganan kerja sama ini, Fakultas Teknik UNTIDAR dapat semakin menggali kompetensi yang dibutuhkan di masa depan sekaligus menghubungkannya dengan industri. (untidar/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?