KEBUN. Demplot Budidaya Kebun Gizi di Dusun Wonosuko Desa Tegalrejo Magelang. (foto: ist)
Siedoo.com - KEBUN. Demplot Budidaya Kebun Gizi di Dusun Wonosuko Desa Tegalrejo Magelang. (foto: ist)
Daerah Pendidikan

Mahasiswa UNIMMA Garap Kebun Gizi untuk Ketahanan Pangan Keluarga di Wonosuko

MAGELANG, siedoo.com – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menjalankan Program Pemberdayaan pada Masyarakat Terpadu (PPMT) di Dusun Wonosuko, Desa Tegalrejo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, belakangan ini.

Anggota PPMT terdiri dari dua program studi berbeda. Yakni, dari Ilmu Komunikasi dan PGSD. PPMT di dusun tersebut dipimpin Dr Hermahayu, M.Si yang merupakan ketua pelaksana sekaligus dosen dari program studi Psikologi UNIMMA.

PPMT di Dusun Wonosuko fokus pada pemanfaatan sampah organik menjadi kompos untuk budidaya ‘Kebun Gizi’ dalam rangka ketahanan pangan keluarga.

“Pada kegiatan ini, Dusun Wonosuko membentuk Kelompok Wanita Tani (KWT) yang beranggotakan para ibu – ibu. Sehingga kita bekerjasama dengan KWT yang dibentuk,” kata Dr Hermahayu, Sabtu (28/1/2023).

Kegiatan PPMT diawali dengan melakukan pertemuan dengan ibu – ibu serta mendatangkan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) untuk pembentukan KWT.

Pada minggu pertama, kegiatan yang dilakukan peresmian KWT yang dihadiri perangkat desa hingga ketua RT sekaligus penerjuan anggota PPMT.

“Ya saya berharap, semoga pembentukan KWT di Dusun Wonosuko bisa menjadi titik awal untuk para ibu – ibu untuk bisa mengolah sampah organik untuk dijadikan pupuk dan bisa berhasil membuat Kebun Gizi yang akan dilaksanakan,” ujar Kepala Desa Tegalrejo, Agung Prambodo.

Acara selanjutnya adalah penerjunan anggota PPMT yang akan melaksanakan beberapa program kerja. Pada minggu kedua, melakukan sosialisasi bertemakan Psikoedukasi terhadap anak oleh Dr Hermahayu. Setelah materi disampaikan, acara selanjutnya diisi dengan sesi tanya jawab oleh ibu – ibu.

Pada minggu ketiga, melakukan demplot di lahan yang sudah disediakan. Demplot atau demonstration plot merupakan aktivitas penyuluhan pertanian dengan cara memperkenalkan dan memperagakan teknik – teknik pertanian.

Baca Juga :  Sita Arliana, Siswa Terbaik di Sekolahnya

Kegiatan dipandu anggota PPL, diawali dengan membuat lahan yang akan ditanami bibit, setelah itu pembagian beberapa bibit tanaman kepada ibu – ibu.

Pada minggu keempat, melakukan widegame serta dilanjutkan penarikan anggota PPMT. Kegiatan widegame diikuti anak – anak. Mereka dikenalkan makanan sehat.

“Kegiatan dilakukan untuk mengasah kemampuan anak untuk lebih mengenal berbagai makanan sehat seperti buah, sayuran, dan makanan sehat lainnya,” jelasnya.

Kegiatan selanjutnya adalah penarikan anggota PPMT serta pemberian plakat kenang – kenangan kepada KWT Dusun Wonosuko. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?