PENGHARGAAN. Wartawan Radio Magelang FM Retno Untari saat menerima penghargaan. (foto: prokompim)
Siedoo.com - PENGHARGAAN. Wartawan Radio Magelang FM Retno Untari saat menerima penghargaan. (foto: prokompim)
Daerah

Selamat! Wartawan Radio Magelang FM Juara 2 Lomba Jurnalistik Diskominfo Jateng

MAGELANG, siedoo.com – Prestasi membanggakan bagi awak Radio Magelang FM. Salah satu wartawannya, Retno Untari meraih juara 2 Lomba Jurnalistik kategori radio. Lomba bergengsi tersebut digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah. Temanya “Gayeng Mbangun Jateng”.

Kabid Komunikasi dan Informasi Publik Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominsta) Kota Magelang, Prianta Adi Wibawa mengatakan, prestasi ini artinya kompetensi yang dimiliki personil Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) dapat bersaing dengan media lainnya.

“Reporter di LPPL merupakan bagian dari wartawan dan jurnalistik, terbukti telah lolos seleksi dan LPPL Magelang FM memperoleh juara 2,” katanya, Selasa (27/12/2022).

Selain itu, kompetensi yang dimiliki personil LPPL dapat bersaing dengan media besar lainnya, sehingga stigma bahwa insan jurnalistik pemerintah hanya monoton sepenuhnya tidak benar. Hal ini dapat menjadi gambaran bagi masyarakat tentang kualitas jurnalisme utamanya di lembaga penyiaran publik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah Riena Retnaningrum menyampaikan, lomba terbagi menjadi empat kategori, yaitu untuk wartawan tulis baik cetak atau online, televisi, radio, dan foto.

Saat menyerahkan hadiah di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah (27/12/2022), Riena menyampaikan, dengan adanya lomba jurnalistik akan menambah pengetahuan sekaligus wawasan bagi wartawan, sekaligus sebagai bentuk support akan kebutuhan masyarakat dalam pembangunan.

“Melalui lomba ini, manfaatnya tentu saja sangat besar bagi wartawan akan menambah knowledge sekaligus wawasan dan bagi masyarakat untuk dapat menerima informasi-informasi yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan seluruh stakeholder untuk masyarakat,” jelasnya.

“Jadi pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat, sehingga pemerintah dan seluruh stakeholder mensuport apa yang dibutuhkan oleh masyarakat,” tambah Riena.

Baca Juga :  Mading, Asah Kreativitas Siswa

ia juga berpesan untuk para jurnalis agar selalu menjaga integritas, menambah wawasan, dengan tidak berhenti untuk belajar dari berbagai ilmu.

Terdapat 5 subtema yang dapat dipilih peserta yaitu Pembangunan 1.000 Embung, Bandara Ahmad Yani, Infrastruktur Desa, Revitalisasi 43 Pasar Tradisional, Mal Pelayanan Publik, Listrik 24 Jam Karimunjawa serta Bangun 9 Flyover dan Underpass.

Kriteria penilaian lomba Jurnalistik Wartawan 2022 adalah objektivitas, keberimbangan, kedalaman, kelengkapan, akurasi, narasi dan background ilustrasi musik serta efek suara. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?