OLAHRAGA. Siswa SMPN 4 saat menjalani perlombaan olahraga pada class meeting beberapa waktu lalu. (foto: niken/siedoo)
Siedoo.com - OLAHRAGA. Siswa SMPN 4 saat menjalani perlombaan olahraga pada class meeting beberapa waktu lalu. (foto: niken/siedoo)
ADV

SMPN 4 Kota Magelang Suguhkan Tagline “Santun yang Cerdas”, Berikut Penjelasannya

MAGELANG, siedoo.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang, Jawa Tengah menginginkan semua sekolah di bawah naungannya memiliki tagline atau slogan.

SMPN 4 atau Spenapa Kota Magelang pun meresponsnya. Tagline yang dipilih adalah “Santun yang Cerdas”.

Waka Kesiswaan SMPN 4, Victor Wijaksana S.Pd menjelaskan, siswa tidak hanya memiliki pemikiran yang cerdas. Tetapi, juga memiliki sikap atau attitude yang baik.

“Cerdas saja itu kurang. Percuma anak cerdas tetapi tidak punya sopan santun. Apalagi kita di Jawa Tengah, menjunjung sopan santun dan tata krama,” katanya, Jumat (16/12/2022).

Dijelaskan, sekolah yang terletak di Jalan Pahlawan tersebut juga mengadakan beberapa kegiatan atau pembiasaan kepada murid-murid.

Diantaranya seperti doa sebelum belajar, memberi salam kepada guru, dan menyapa atau menegur guru saat bertemu. Tidak hanya siswa, guru juga santun terhadap anak didiknya.

Di sekolah tersebut, juga ada program TahTa (Tahsin dan Tahfidz) seperti hafalan Alquran dan mengaji. Tujuannya agar mendapat ilmu agama.

“Kami berharap saat anak-anak lulus dari SMPN 4 ini dengan kondisi yang cerdas, bukan hanya pikirannya saja tetapi juga perbuatan. Karena menurut kami kalau hafalan saja tidak cukup. Jadi tidak hanya hafalan saja, tetapi juga bisa dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Tagline SMPN 4 Kota Magelang “Santun yang Cerdas” juga dalam terwujudnya Profil Pelajar Pancasila.

Sebagaimana diketahui, Profil Pelajar Pancasila sesuai Visi dan Misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana tertuang dalam dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Baca Juga :  Wadahi Kreatifitas, Siswa Lukis Tembok Sekolah

Nilai-nilai Pancasila tersebut dengan enam ciri utama. Yaitu, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. (niken/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?