PENGHARGAAN. Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz saat menyerahkan penghargaan kepada Kepala SMPN 2 , Fatin Mahdalina, S.Pd dalam ajang MIA tahun 2022. (foto: istimewa)
Siedoo.com - PENGHARGAAN. Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz saat menyerahkan penghargaan kepada Kepala SMPN 2 , Fatin Mahdalina, S.Pd dalam ajang MIA tahun 2022. (foto: istimewa)
ADV

Suguhkan GPS Berkarakter, SMPN 2 Kota Magelang Juara 3 MIA Tahun 2022

MAGELANG, siedoo.com – Dalam Magelang Innovation Award (MIA) tahun 2022 yang diselenggarakan Pemkot Magelang di Hotel Atria Magelang, awal bulan ini, SMPN 2 setempat meraih juara 3. Kreativitas dan inovasi yang disuguhkan sekolah tersebut adalah Gesit Pintar Siswa (GPS) Berkarakter.

Kepala SMPN 2, Fatin Mahdalina, S.Pd menjelaskan, GPS Berkarakter merupakan salah satu inovasi untuk meningkatkan kualitas dalam pelayanan publik.

“GPS Berkarakter untuk pembentukan Profil Pelajar Pancasila. Kami melakukan kegiatan-kegiatan pengembangan karakter siswa. Dulu pengisi pengembangan karakter itu hanya dari pihak sekolah. Tetapi, tahun ini kita kembangkan dengan bekerja sama dengan banyak instansi, seperti TNI, Kepolisian dan lainnya,” ujarnya, Senin (12/12/2022).

Dijelaskan, untuk membantu mewujudkan pengembangan karakter dalam kegiatan ibadah wajib sesuai agama masing-masing. Diantaranya seperti membaca kitab suci, mendoakan orang tua, mencium tangan orang tua. Termasuk juga belajar menyiapkan materi pelajaran hari selanjutnya, mengerjakan tugas, hadir dan pulang sekolah tepat waktu.

“Agar mudah memantau murid-murid dalam melakukan kegiatan tersebut, sekolah menghadirkan aplikasi Gesit Belajar (GB),” jelasnya.

Diterangkan, Profil Pelajar Pancasila memiliki ciri-ciri. Yakni, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong.

“Termasuk mandiri, bernalar kritis, dan kreatif,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, MIA 2022 diawali dengan kompetisi inovasi OPD, BUMD dan instansi lain, termasuk sekolah. Hal ini dilakukan untuk mendorong agar melakukan kreativitas dan inovasi.

Tahap Sosialisasi Kompetisi Inovasi OPD dan BUMD dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2022, Tahap Pengajuan proposal 24 Mei 2022 – 25 Agustus 2022.

“Panitia menerima usulan inovasi sebanyak 41 usulan dari Perangkat daerah dan BUMD. Adapun yang lolos seleksi administrasi yaitu sebanyak 25 usulan Inovasi dengan rincian 23 dari OPD dan 2 dari BUMD,” kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang, Handini Rahayu.

Baca Juga :  Petikan Pengalaman Surya Pamungkas Usai Kemah Rohis se-Jateng

Selanjutnya adalah tahap paparan dan wawancara terhadap 25 peserta yang lulus administrasi pada 14 November 2021, dengan Tim Penilai terdiri dari Kemendagri, Akademisi dan perwakilan Media. Dilanjutkan dengan tahap verifikasi dan observasi lapangan pada 15 November 2022.

“Berdasarkan hasil penilaian Tim Juri terhadap tahapan yang telah dilakukan, diperoleh 6 OPD yang mempunyai nilai tertinggi, yang selanjutnya menerima penghargaan berupa hadiah dan uang pembinaan pada acara MIA 2022 ini,” papar Handini.

Adapun 3 peringkat teratas OPD dan BUMD yang menerima penghargaan adalah Auto E-City Dinas Perhubungan (Juara 1), I- Magelang Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Juara 2), GPS Berkarakter – SMPN 2 Kota Magelang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Juara 3).

Kemudian Rodanya Mas Bagia – DP4KB (Juara Harapan 1), CEK BANSOS Dinas Sosial (Juara Harapan 2) dan DAKWAH Dinas Kesehatan (Juara Harapan 3).

Penghargaan juga diberikan kepada pemenang lomba roket terkendali tingkat SMP se-Kota Magelang yang telah dilaksanakan pada 29 September 2022 di Stadion Moch Soebroto Magelang. Para pemenang adalah SMP Muhammadiyah Alternatif 1 – Tim 2 (Juara 1), SMPN 8 – Tim 2 (Juara 2) dan SMPN 3 – Tim 2 (Juara 3).

Selanjutnya SMPN 8 – Tim 1 (Juara Harapan 1), SMPN 2 (Juara Harapan 2) dan SMPN 5 (Juara Harapan 3). Juara Desain Rocket Air Terbaik berhasil diraih oleh SMPN 13 Kota Magelang. (niken/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?