KESEHATAN. Penghargaan diserahkan Direktur Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Dr. Drh Nuryani Zainudin pada acara temu Puskeswan Nasional 2022 di Hotel AVENZEL Cibubur, Selasa (1/11/2022). (foto: istimewa)
Siedoo.com - KESEHATAN. Penghargaan diserahkan Direktur Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Dr. Drh Nuryani Zainudin pada acara temu Puskeswan Nasional 2022 di Hotel AVENZEL Cibubur, Selasa (1/11/2022). (foto: istimewa)
Nasional

Selamat! Puskeswan Kota Magelang Juara 2 Puskeswan Terbaik Nasional Tahun 2022

MAGELANG, siedoo.com –  Dalam Lomba Puskeswan Terbaik Nasional tahun 2022 dari Kementerian Pertanian RI, UPT Puskeswan Kota Magelang berhasil menyabet juara 2. Penghargaan diserahkan Direktur Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Dr. Drh Nuryani Zainudin pada acara temu Puskeswan Nasional 2022 di Hotel AVENZEL Cibubur, Selasa (1/11/2022).

Kepala UPT Puskeswan Kota Magelang Drh Heru Trisusila menjelaskan, prestasi ini menjadi kebanggaan bagi Kota Magelang, khususnya UPT Puskeswan dan jajarannya, karena telah berhasil melalui serangkaian seleksi dan tahapan yang tidak mudah.

Dokter Heru menyebutkan, tahapan lomba diawali dengan mengirimkan profil UPT Puskeswan ke pihak panitia. Kemudian, masuk tahap wawancara secara online yang diselenggarakan pada 28 Oktober 2022.

“Setelah itu, kami diumumkan masuk nominasi 11 Puskeswan terbaik tingkat nasional tahun 2022, hingga akhirnya meraih Juara 2 pada Temu Puskeswan Nasional 2022,” terang Dokter Heru, Rabu (2/11/2022).

Lebih lanjut, tujuan lomba adalah dalam rangka pembinaan Puskeswan se-Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya sebagai garda terdepan dan ujung tombak dalam penanganan kesehatan hewan.

Adapun indikator lomba yang mengantarkan UPT Puskeswan Kota Magelang mendapatkan juara diantaranya, UPT Puskeswan sudah terbentuk secara kelembagaan dibuktikan dengan SK, laporan pelayanan yang dikirim melalui sistem iSIKHNAS (Integrasi Sistem Kesehatan Hewan Nasional) dan memiliki Sumber Daya Manusia sesuai dengan kompetensinya.

Selain itu, UPT Puskeswan Kota Magelang telah memiliki gedung di atas tanah yang bersertifikat Pemerintah Daerah, memiliki peraturan dalam menarik retribusi dan memiliki sarana prasarana yang sesuai dengan standar peraturan pedoman pelayanan Puskeswan.

“Selain itu adanya inovasi yang dikembangkan dalam pelayanan kesehatan hewan di UPT Puskeswan, berupa mobil Puskeswanling dan Sistem Komunikasi Media Online Kesehatan hewan (Sikomo Keswan),” sebut Dokter Heru.

Baca Juga :  Tiga Tahun, Jumlah Penduduk Buta Aksara Turun 2,31 Juta Orang

Sementara itu, untuk hal teknis, UPT Puskeswan Kota Magelang telah berperan aktif dalam penanganan kasus penyakit hewan menular strategis nasional dan senantiasa melayani pelayanan kesehatan hewan secara aktif, semiaktif dan pasif.

Pihaknya berharap, dengan prestasi ini akan menambah motivasi tim Puskeswan Kota Magelang dalam meningkatkan kinerjanya, semakin berkualitas dan profesional dalam pelayanan yang harus didukung semua pihak.

“Semoga ke depan kita lebih baik lagi, baik dalam hal penyediaan sarana prasarana serta SDM yang profesional selalu diupgrade pengetahuannya. UPT Puskeswan Kota Magelang semakin dicintai oleh pelanggannya,” tutup Dokter Heru. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?