KUNJUNGAN. Siswa SMPN 2 Kota Magelang saat berkunjung di Stasiun Radio Magelang FM. (foto: istimewa)
Siedoo.com - KUNJUNGAN. Siswa SMPN 2 Kota Magelang saat berkunjung di Stasiun Radio Magelang FM. (foto: istimewa)
ADV Pendidikan

Kunjungi Stasiun Radio hingga Mako Rindam IV Diponegoro, Siswa SMPN 2 Kota Magelang Kenali Profesi Lebih Mendalam

MAGELANG, siedoo.com – SMPN 2 Kota Magelang, Jawa Tengah menjalankan Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Belakangan ini, siswa kelas 7 diajak untuk mengenal beberapa profesi di lintas instansi.

Kelas 7 yang terdiri dari delapan kelas dibagi tiga kelompok. Kelompok satu mengunjungi Radio Magelang FM. Kelompok dua mengunjungi Mako Resimen Induk Kodam (Rindam) IV Diponegoro. Kelompok tiga mengunjungi Perpustakaan Umum Kota Magelang dan Mal Pelayanan Publik (MPP).

“Harapan dalam kegiatan ini, siswa dapat mengobservasi secara langsung beberapa profesi, mengenahi tugasnya, problem-problem di dalam pekerjaannnya. Termasuk mendapatkan motivasi untuk belajar lebih giat agar meraih profesi yang dicita-citakan,” kata Koordinator P5 SMPN 2 Kota Magelang, Dwi Susanti, S.Pd, Senin (31/10/2022).

Dalam P5 yang menjadi salah satu implementasi Kurikulum Merdeka tersebut, SMPN 2 mengusung “Karir Masa Depan”. Tahapannya adalah pengenalan, kunjungan karir dan penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).

Pembagian kelas dalam kunjungan tersebut. Satu kelas di Radio Magelang FM untuk mengenal penyiar radio. Tiga kelas di Rindam IV Diponegoro untuk mengenal bela negara oleh TNI. Empat kelas di Perpustakaan Umum serta MPP untuk menggali keprofesian.

Kunjungan ke beberapa tempat itu mendapat respons positif dari siswa. Mereka menjadi lebih mengenal profesi lebih mendalam.

“Saya ikut yang di Rindam. Di sana saya mendapakan pemaparan karir, tugas pokok TNI, motivasi, cara menjadi TNI dan pangkat-pangkat TNI, serta cara ber-etitude yang baik kepada orang lain,” ujar salah satu siswa, Salma dari kelas 7A.

Sementara itu siswa lain, Erlangga berkesempatan mengunjungi perpustaakan. Di sana, ia membaca buku tentang profesi.

“Saya mendapatkan berbagai referensi dari buku untuk mencari pengertian karir, pekerjaan, dan profesi. Sehingga saya mendapatkan gambaran profesi apa yang sesuai dengan saya,” akunya.

Baca Juga :  SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Tuan Rumah Musda Tapak Suci

Untuk mendapatkan tentang gambaran profesi atau karir, siswa tidak hanya melakukan kunjungan. Tetapi, juga mendatangkan wali murid yang memiliki profesi tertentu untuk bisa bercerita ke siswa. (fatna/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?