BERPOSE. Tim PKM Pendidikan Matematika UNTIDAR berpose bersama peserta pelatihan dan pendampingan. (foto: istimewa)
Siedoo.com - BERPOSE. Tim PKM Pendidikan Matematika UNTIDAR berpose bersama peserta pelatihan dan pendampingan. (foto: istimewa)
ADV Pendidikan

Tim PKM Pendidikan Matematika UNTIDAR Perkuat Kompetensi Guru Matematika MTs

MAGELANG, siedoo.com – Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pendidikan Matematika Universitas Tidar (UNTIDAR) memberikan pelatihan dan pendampingan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru matematika Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten dan Kota Magelang, Jawa Tengah.

Dengan terpusat di MTs Negeri 5 Magelang pada 27 Juli – 31 Agustus 2022, kegiatan tersebut diikuti guru matematika dari MTsN 1 Kota Magelang, MTsN 2 Magelang, MTsN 3 Magelang, MTsN 4 Magelang, dan MTsN 5 Magelang.

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru matematika MTs di Magelang melalui pelatihan dan pendampingan penelitian tindakan kelas,” kata Ketua PKM Pendidikan Matematika, Yesi Franita, M.Sc, Senin (24/10/2022).

Selain dirinya, kegiatan tersebut menggandeng dua dosen Pendidikan Matematika. Yaitu, Zuida Ratih Hendrastuti, M.Pd. dan Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc. Disamping itu juga melibatkan dua mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, Alifatul Chasanah dan Egi Alifaki.

“Potensi yang dimiliki guru dalam mewujudkan guru yang profesional harus dikembangkan untuk menunjang tercapainya tugas suci seorang guru,” terangnya.

Tak hanya itu, Yesi bersama timnya juga melihat adanya potensi masing-masing guru yang dapat dikembangkan. Salah satunya dengan melakukan penelitian tindakan kelas yang kemudian diimplementasikan pada kelas yang diampunya.

“Melalui program kemitraan masyarakat ini, kami ingin mengajak guru matematika MTs bekerja sama untuk meningkatkan kemampuan serta keterampilan dalam melakukan penelitian tindakan kelas. Harapannya output dari penelitian yang berupa artikel ilmiah dapat diterbitkan di jurnal-jurnal yang ada di Universitas Tidar,” ujarnya.

Dari bulan Juni, kegiatan dimulai dari observasi, wawancara, dan koordinasi awal dengan salah satu pengurus MGMP Matematika MTs Kota/Kabupaten Magelang di MTs Negeri 1 Kota Magelang. Kemudian dilanjutkan di MTs Negeri 5 Magelang yang beralamat di Jalan Raya Ngablak-Mangli KM 0, Kelurahan Ngablak, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Baca Juga :  Makna Klitih Sebenarnya Positif, Mahasiswa UNY Beri Edukasi ke Anak Usia SD hingga SMP

Kegiatan pengabdian dilanjutkan dengan pendampingan penulisan artikel atau laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) hingga awal Oktober 2022 secara daring melalui Whatsapp Group dan Google Spreadsheet,” tandasnya.

Salah satu guru peserta, Kukuh S.Pd mengaku mendapat kemajuan setelah mengikuti program PKM dari tim dosen Pendidikan Matematika Universitas Tidar. Ia dapat meningkatkan kompetensi guru serta mewujudkan guru yang profesional.

Alhamdulillah banyak kemajuan selama mengikuti pelatihan ini. Banyak yang berminat melakukan penelitian tindakan kelas dan tidak jarang guru-guru ingin menerbitkan artikelnya di jurnal Universitas Tidar,” akunya. (madya/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?