STAND. Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz saat grand opening mengunjungi stand tanaman hias. (foto: prokompim)
Siedoo.com - STAND. Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz saat grand opening mengunjungi stand tanaman hias. (foto: prokompim)
Daerah Inovasi

Kunjungi Yuk! di Kota Magelang Tiap Jumat Ada Plaza Tani, Tersedia Tanaman Hias Juga Lho

MAGELANG, siedoo.com – Di Kota Magelang, Jawa Tengah ada Plaza Tani. Plaza yang diinisiasi Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) setempat ini untuk mewadahi dan memfasilitasi para binaan dalam memasarkan produk-produknya kepada masyarakat luar.

Tidak hanya produk pangan, di Plaza Tani juga dipamerkan produk-produk pertanian, tanaman hias hingga ternak. Plaza Tani buka seminggu sekali, tiap Jumat, pukul 7.00 – 11.00 WIB, di lingkungan dinas setempat.

Kepala Disperpa, Eri Widyo Saptoko menyebutkan, Plaza Tani telah dibuka sebelumnya (soft opening) pada 2 September 2022. Dan, berlanjut setiap Jumat pada 9 dan 16 September 2022.

Pada saat pembukaan, omzet penjualan mencapai Rp4,9 juta. Omzet meningkat pada hari berikutnya menjadi Rp7,2 juta dan Rp8,6 juta. Grand Opening Plaza Tani digelar pada Jumat (23/9/2022).

“Selanjutnya kegiatan Plaza Tani ini akan dilaksanakan setiap hari Jumat dari jam 07.00 – 11.00 WIB. Kami harapkan kegiatan dapat menjadi momentum peningkatan kemandirian dan ketahanan pangan Kota Magelang,” katanya.

Ada 25 binaan Disperpa Kota Magelang yang mengikuti Plaza Tani. Meliputi kelompok tani, kelompok P2L, komunitas anggrek, komunitas Aglonema, komunitas tanaman Sukulen, komunitas kelinci (Republik Terwelu), kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) dan kelompok pengolah dan pemasar ikan (Poklahsar).

Selain itu, ada juga beberapa aneka sayuran, beras, saprodi pertanian, ternak kelinci, daging ayam, telur, ikan segar dan olahan ikan.

“Melalui Plaza Tani ini, pemerintah ingin menumbuhkan jiwa usaha dalam bidang Pertanian, Peternakan dan Perikanan serta Bidang Ketahanan Pangan, serta memberikan ruang bagi para binaan untuk saling memotivasi, belajar dan tukar pengalaman dalam hal usahanya,” jelasnya.

Eri menyatakan, pihaknya berkomitmen memberikan kontribusi lebih untuk kemudahan pemasaran hasil segar maupun olahan pertanian, peternakan dan perikanan yang dihasilkan binaannya.

Baca Juga :  Tingkatkan Kesehatan Mental, Dosen ITB Ciptakan Konsultasi Virtual

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz mengapresiasi Plaza Tani tersebut sebagai sebuah inovasi di bidang pertanian dan ketahanan pangan di Kota Magelang. Harapan ke depan, kegiatan ini tidak hanya dimanfaatkan warga setempat, tapi juga daerah lain.

“Ini baik, menjadi salah satu pembuka atau display usaha di Kota Magelang oleh warga Kota Magelang. Harapannya tidak hanya warga Kota Magelang saja yang membeli tapi juga warga sekitarnya. Produk yang didisplay juga semakin baik, berbeda dengan daerah lain. Kita dorong agar semakin besar,” ujar Dokter Aziz.

Pihaknya mengakui, target omzet event ini masih belum besar, akan tetapi optimistis omset akan meningkat jika melibatkan peserta dari luar daerah dan jumlah produk yang lebih banyak.

“Kita dorong terus supaya jangan berhenti. Setidaknya untuk mencukupi kebutuhan sendiri dulu, yang pasti ketahanan pangan kita harus kuat,” tandas Dokter Aziz. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?