BELAJAR. Siswa SMP IT Ihsanul Fikri saat belajar bersama pada malam hari. (foto: istimewa)
Siedoo.com - BELAJAR. Siswa SMP IT Ihsanul Fikri saat belajar bersama pada malam hari. (foto: istimewa)
ADV Pendidikan

Pertajam Pengetahuan, SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid Suguhkan Belajar Malam Bersama

MAGELANG, siedoo.com – Siswa cenderung cepat memahami dan mengingat pelajaran apabila pelajaran tersebut diulang hingga beberapa kali. Demi mempermudah siswa untuk belajar, SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid, Magelang, Jawa Tengah melakukan kegiatan belajar tidak hanya dilakukan ketika jam pelajaran sekolah, namun juga dilakukan secara rutin di malam hari.

Kegiatan belajar malam tersebut berupa belajar bersama yang diikuti siswa kelas 7, 8 dan 9 dengan didampingi guru piket. Hal itu merupakan upaya untuk memonitoring proses belajar siswa, terlebih jelang Penilaian Tengah Semester (PTS).

“Proses belajar merupakan proses kognitif, dimana ilmu pengetahuan dimasukkan dalam ingatan. Dalam kegiatan belajar malam membantu siswa untuk mengingat dan mempelajari kembali pelajaran yang didapat saat jam pelajaran di sekolah,” jelas Penanggung Jawab Keasramaan Putra, Khoirul Bashooir, Jumat (23/9/2022).

Belajar malam memiliki tujuan supaya siswa bisa mengisi waktu luangnya dengan kegiatan bermanfaat, serta supaya kegiatan belajar lebih teratur dan kondusif.

“Salah satu tujuan dari belajar malam, karena kita merupakan boarding school, kita perlu membiasakan siswa melakukan hal-hal baik sebagaimana orang tua mengajarkan mereka di rumah,” ungkap Bashooir.

Selain itu, pihak sekolah menginginkan target kompetensi siswa di masing-masing mata pelajaran itu tercapai dan nilai siswa dapat mencapai KKM.

Kegiatan yang dilakukan setiap hari Ahad sampai Jumat pukul 19.45 – 21.00 WIB itu menghadirkan guru piket yang akan mendampingi belajar siswa. Khusus, menjelang PTS akan ada tambahan materi dan latihan soal.

“Kami berharap siswa semangat dalam belajarnya, supaya semangat kami sering menyampaikan ke anak-anak bahwa barangsiapa yang menanam, ia akan memetik. Artinya hasil itu akan mengikuti proses yang mereka jalani,” tandas Bashooir. (aulia/siedoo)

Baca Juga :  SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid Gelar Rangkaian Doa untuk Indonesia

Kunjungi juga laman www.smpit-ihsanulfikrimungkid.com

Apa Tanggapan Anda ?