PUNGUT SAMPAH. SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid melakukan kegiatan bakti masyarakat dengan memungut sampah di desa. (foto: ist)
Siedoo.com - PUNGUT SAMPAH. SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid melakukan kegiatan bakti masyarakat dengan memungut sampah di desa. (foto: ist)
ADV

Bakti Masyarakat PSIT, Siswa SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid Pungut Sampah di Jalanan

MAGELANG, siedoo.com – Pendidikan di SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid, Magelang, Jawa Tengah tidak hanya belajar dalam lingkungan sekolah atau di kelas. Namun juga luar sekolah. Diantaranya adalah bakti masyarakat.

Lewat Pramuka Sekolah Islam Terpadu (PSIT) mengadakan bersih-besih dengan cara memungut sampah yang ditemui di jalan. Yang dipungut ada plastik hingga botol atau gelas air mineral. Aksi sosial tersebut diikuti siswa kelas 8 dan siswa kelas 9.

“Ada ajaran di PSIT untuk cinta lingkungan dan mengenal masyarakat sekitar, supaya siswa tahu bahwa di sekitar mereka tidak hanya teman-teman saja, namun juga ada masyarakat umum yang lebih luas,” kata Pembina Pramuka Putri SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid, Dezy Wiata Sari, Ahad (11/9/2022).

Dijelaskan, berdasarkan ajaran PSIT untuk selalu berakhlak baik, salah satunya dengan menjaga kebersihan lingkungan.

“Biar siswa merasa dengan lingkungan bersih, mereka punya kepedulian lebih kepada masyarakat sebagai bentuk baktinya,” tambahnya.

Kegiatan PSIT dilaksanakan secara rutin. Yaitu, hari Rabu dan Kamis untuk regu putra. Sementara hari Rabu untuk regu putri. Dilaksanakan dengan berjalan dari sekolah sampai ke lapangan Santan.

“Kegiatannya yaitu berjalan dari kompleks SMP IT IF sambil memungut sampah sampai lapangan Santan di Pabelan 4,” jelasnya.

Harapan dari kegiatan tersebut siswa dapat mengenal masyarakat di sekitar dan melatih jiwa sosial mereka.

“Anak-anak harus mulai terlatih kepekaannya bahwa di sekitar mereka banyak masyarakat yang butuh bantuan. Terlebih kita ini merupakan bagian dari masyarakat juga,” paparnya.

Sementara itu, Janeta Nasywatul Mirza, sebagai peserta merasa senang ketika mengikuti PSIT.

“Karena biasanya kita di sekolah terus, ikut kegiatan ini jadi bisa jalan-jalan sambil refreshing,” ungkapnya.

Baca Juga :  Mantap! Siswa Berprestasi SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid Diberi Reward

Sekolah turut mengapresiasi siswa yang mengikuti kegiatan tersebut. “Jadi ada kompetisinya juga, buat regu yang sampahnya paling banyak akan diberi penghargaan oleh sekolah,” jelasnya.

Ia berharap teman-teman bisa lebih semangat dalam mengikuti kegiatan ini. “Biar tambah semangat bisa sambil nyanyi atau yel-yel sembari jalan memungut sampah,” ungkapnya. (aulia/siedoo)

Mampir juga ke laman www.smpit-ihsanulfikrimungkid.com

Apa Tanggapan Anda ?