HORMAT. Peserta Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 di SD Mutual 2 Kota Magelang saat hormat bendera, Rabu (17/8/2022). (foto: ist)
Siedoo.com - HORMAT. Peserta Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 di SD Mutual 2 Kota Magelang saat hormat bendera, Rabu (17/8/2022). (foto: ist)
ADV Pendidikan

Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77, SD Mutual 2 Kota Magelang Suguhkan Tiga Bahasa

MAGELANG, siedoo.com – Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 di SD Muhammadiyah 2 Alternatif (SD Mutual 2) Kota Magelang, Jawa Tengah menyuguhkan sesuatu yang berbeda, Rabu (17/8/2022), di halaman sekolah setempat. Ada tiga bahasa yang dipakai dalam upacara tersebut. Yakni, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab.

“Upacara dengan 3 bahasa ini Alhamdulillah disambut baik oleh siswa dan juga orang tua serta persyarikatan Muhammadiyah. Selain menjadi program sekolah, Tri lingual memang sudah menjadi pembiasaan di SD Mutual 2 Kota Magelang,” kata kepala sekolah Mustaqim usai upacara.

Dalam kesempatan itu, seluruh pendidik dan tenaga kependidikan dengan mengenakan aneka baju adat seluruh Indonesia. Ada adat Jawa, Bali, Sumatera, hingga Papua.

“Semua dikenakan dengan penuh semangat saat mengikuti upacara,” tambahnya.

Dijelaskan, rangkaian kegiatan semarak HUT RI yang dilaksanakan tidak lain guna memupuk jiwa nasionalisme anak-anak agar tumbuh sejak dini. Siswa SD Mutual 2 Kota Magelang memang disiapkan untuk siap menghadapi masa depan.

“Zamannya tentu akan berbeda dengan sekarang ini. Penguasaan bahasa yang baik, tentu akan menguasai dunia,” jelasnya.

Program setiap harinya, lanjutnya, siswa SD Mutual 2 memang banyak yang sudah aktif berkomunikasi menggunakan bahasa asing.

“Setiap hari Senin sampai Kamis, siswa dan guru terus berupaya berkomunikasi dengan bahasa Inggris dan bahasa Arab. Sedangkan hari Jumat dan Sabtu kami berbahasa Jawa semua, Bahasa Indonesia sebagai pengantarnya,” imbuh kepala berprestasi Jateng tersebut.

Upacara HUT RI dengan 3 bahasa ini bertahap dilakukan tentu karena support dari banyak pihak. Seperti support dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang dan majelisnya yang terus membimbing. Lalu ada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

“Komite Sekolah juga semangat dalam memotivasi SD Mutual 2. Lalu orang tua siswa yang kompak menjadi tambahan semangat SD Mutual 2 Kota Magelang untuk terus maju,” tandasnya.

Baca Juga :  Pertajam Pengetahuan, SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid Suguhkan Belajar Malam Bersama

Usai upacara, turut diserahkan penghargaan siswa berprestasi. Juara 3 Seni Tari FLS2N Kota Magelang, Rangking 1 Cabang Bahasa Inggris Junior Student Academy 2022, dan banyak lagi.

Spesial HUT Kemerdekaan RI ke-77, SD Mutual 2 Kota Magelang menyuguhkan rangkaian kegiatan yang menarik. Lomba semarak Agustusan diikuti seluruh siswa hingga pemasangan atribut kemerdekaan.

“Mari sukseskan anak-anak bersama SD Mutual 2 Kota Magelang,” tegasnya.

Dijelaskan, menumbuhkan dan mencintai budaya nasional itu menjadi salah satu misi yang dicanangkan SD Mutual 2 Kota Magelang. Setiap even selalu dimanfaatkan untuk terus menumbuhkan rasa cinta, karakter, bangga dengan bangsa sendiri.

Diantara langkahnya, mulai dari kegiatan belajar dalam kelas hingga kegiatan di luar kelas. SD yang sedang membangun gedung 5 lantai ini terus berinovasi dan semakin dikenal masyarat di Magelang, Provinsi Jateng, hingga nasional.

“Alhamdulillah, prestasi demi prestasi para siswa dan guru juga terus ditorehkan mengharumkan nama sekolah,” pungkasnya. (siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?