DILEPAS. Kontingen Pramuka Kota Magelang dilepas Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz untuk mengikuti Jambore Nasional Gerakan Pramuka XI. (foto: ist)
Siedoo.com - DILEPAS. Kontingen Pramuka Kota Magelang dilepas Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz untuk mengikuti Jambore Nasional Gerakan Pramuka XI. (foto: ist)
Nasional

16 Anggota Pramuka Penggalang Kota Magelang Ikuti Jamnas XI, Bawa Misi Khusus

MAGELANG – Kontingen Pramuka Kota Magelang dilepas Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz untuk mengikuti Jambore Nasional Gerakan Pramuka XI (Jamnas XI) tahun 2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur. Jamnas XI akan berlangsung 14-21 Agustus 2022 mendatang.

Adapun peserta Jamnas XI dari Kota Magelang yang berangkat meliputi 8 putra dan 8 putri Pramuka Penggalang dan 4 pembina pendamping. Mereka mewakili SMP dan MTs se-Kota Magelang.

Ketua Kontingen Kota Magelang pada Jamnas XI, Nur Wiyono menjelaskan, kegiatan ini sedianya dilaksanakan tahun 2021 lalu, namun karena pandemi covid-19, baru terlaksana pada tahun 2022.

“Kegiatan ini merupakan pertemuan besar Pramuka Penggalang sebagai sarana pembinaan bersifat rekreatif dan edukatif di alam terbuka, dikemas dalam suatu perkemahan dengan menitik-beratkan pada kegiatan persaudaraan, kerukunan dan perdamaian,” ungkapnya.

Rencananya mereka akan memperkenalkan makanan getuk sebagai makanan khas dan kepel sebagai tanaman khas Kota Magelang. Selain itu, mereka dengan bangga juga akan memperkenalkan budaya dan destinasi wisata di Kota Magelang.

Jamnas XI Tahun 2022 akan diisi kegiatan-kegiatan menarik, menantang, menyenangkan, dan aman yang ditujukan pada upaya-upaya membentuk sikap dan perilaku serta meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang, serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka yaitu Satya dan Darma Pramuka.

Mereka dilepas Wali Kota Magelang di di Pendopo Pengabdian, Jumat (5/8/2022). Wali Kota merasa bangga dengan adik-adik yang mewakili Kota Magelang.

“Saya ingin adik-adik menjadi generasi yang aktif, kreatif dan inovatif,” kata Dokter Aziz.

Dirinya juga mengenang masa mudanya yang senang ikut kegiatan pramuka, bahkan pernah menjabat sebagai ketua Dewan Ambalan ketika menjadi pramuka penegak.

Baca Juga :  Ujian Nasional Tinggal Nama

“Saya percaya adik-adik yang berangkat sudah memperoleh tanda kecakapan khusus dan sebagai pramuka garuda. Memiliki kecakapan khusus berarti memiliki keterampilan dan kemahiran. Kembalikan marwah Kota Magelang yang selalu juara di segala bidang termasuk pramuka,” jelasnya. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?