BERSAMA. Kepala SMPN 2 Magelang Fatin Mahdalina, S.Pd bersama Kepala DP4KB Khudhoifah, SH., MM. (foto: azza/siedoo)
ADV Pendidikan

Siswa SMPN 2 Kota Magelang Mendapat Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Remaja

MAGELANG Siswa kelas IX SMPN 2 Kota Magelang mendapatkan sosialisasi tentang kesehatan reproduksi remaja di sekolah setempat belakangan ini. Sosialisasi diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP4KB) Kota Magelang. Kesempatan ini turut dihadiri Kepala DP4KB, Khudhoifah, SH., MM.

Sosialisasi dilakukan sebagai upaya pencegahan kekerasan terhadap anak dalam meningkatkan hak-hak anak. Pematerinya Bidan Badariyah, S.S.IT dan Agustiawan dari Unit PPA SAT Reskrim Polres Magelang.

Bidan Badariyah menyampaikan materi tentang kesehatan reproduksi remaja. Ditekankan siswa SMPN 2 Magelang untuk menjaga pergaulan.

“Jangan tergoda untuk melakukan hubungan seksual. Kita harus berpikiran maju dan berpendirian teguh,” tegasnya.

Akibat banyaknya kasus pernikahan dini, ia mengingatkan agar siswa dapat menghindari pergaulan yang dapat merugikan.

“Cita-cita yang disandarkan orang tua pada kalian, jangan dilakukan dengan tidak benar,” ucapnya.

Ia berharap masa pubertas dapat disikapi dengan bijak oleh siswa SMPN 2 Magelang. “Saling tertarik pada usia kalian itu hal yang normal, tetapi yang salah bagaimana cara kalian menyikapinya,” tambahnya.

Sementara itu, Guru Bimbingan Konseling SMPN 2 Magelang, Dwi Susantiningsih, S.Pd berharap, kegiatan tersebut dapat membekali siswa menjaga pergaulan baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat.

“Siswa bisa menjaga pergaulannya. Selain hal tersebut, sosialiasi ini juga membekali anak tentang kesehatan reproduksi sehingga siswa SMP N 2 Magelang dapat menghindari arus pergaulan sekarang dan pernikahan dini,” ucapnya. (siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?