WAYANG. Pagelaran Wayang di Kota Magelang beberapa waktu lalu yang disiarkan di Youtube. (sumber : youtube)
Daerah

Jangan Lewatkan! Malam Ini Ada Pentas Wayang Rangkaian Hari Jadi Kota Magelang di Titik Enam

MAGELANG – Pagelaran wayang kulit di Kota Magelang, Jawa Tengah masih berlanjut. Pada Sabtu (30/7/2022) malam ini berlangsung di Aula Kelurahan Jurangombo Utara, Kecamatan Magelang Selatan. Pagelaran tersebut masih menjadi bagian rangkaian agenda peringatan hari jadi Kota Magelang ke 1.116.

“Pagelaran wayang kulit dilaksanakan di Balai Kelurahan Jurangombo Utara pukul 20.00 sampai selesai. Untuk dalangnya Ki Muhammad Ardiyanto, S.Pd dan malam ini lakonnya Alap-alap Minangkawati atau lebih familiarnya Antareja rabi” ucap Staff Bidang Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Magelang, Anggara, Sabtu (30/7/2022).

Di tempat penyelenggaraan tersebut merupakan titik enam dari 10 pagelaran wayang yang akan dilaksanakan. Dari waktu ke waktu tempatnya berbeda-beda.

Pagelaran diselenggarakan sebagai upaya memberdayakan dan bentuk apresiasi untuk dalang lokal di Kota Magelang.

“Dalang-dalangnya juga dari Kota Magelang. Kita tidak mengundang atau menanggap dalang dari luar supaya mereka bisa tampil dan ini sebagai bentuk apresiasi juga untuk dalang di Kota Magelang,” tuturnya.

Disebutkan, pagelaran dilaksanakan sebagai edukasi untuk melestarikan tradisi kebudayaan pada masyarakat.

Ia berharap adanya pagelaran ini dapat memberikan dampak bagi dalang lokal agar lebih banyak dikenal.

“Harapannya dalang-dalang Magelang ini dapat dikenal dan ditanggap di luar Magelang. Dan harapnnya semoga dalang-dalang tersebut semakin berkiprah namanya,” ucapnya.

Anggara juga mengajak masyarakat Kota Magelang untuk dapat menyaksikan pagelaran ini karena akan disiarkan langsung maupun live streaming di Youtube.

“Nanti penampilan tidak hanya dapat disaksikan secara langsung tetapi dapat juga disaksikan di Youtube akun Pemerintah Kota Magelang,” akunya. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?