TALKSHOW. Pemaparan materi oleh narasumber di SMPN 7 Kota Magelang. (foto: azza/siedoo).
ADV Pendidikan

Bentuk Siswa Anti Korupsi, SMPN 7 Kota Magelang Adakan Talkshow

MAGELANG – Dalam membentuk karakter siswa, SMPN 7 Kota Magelang, Jawa Tengah mengadakan talk show bertajuk “Membentuk Generasi Bermental Anti Korupsi” di Gedung Wanita Kota Magelang, Kamis (28/7/2022).

Dalam talkshow berdurasi 6 jam ini menghadirkan tiga pemateri sebagai narasumber dari BPKP DIY yaitu Rizki Rusdhiani, SE, Yunita Evi Kurniasari dan Sulistyo Tri Cahyono.

Kegiatan ini diikuti 370 siswa terdiri kelas VIII dan IX sekolah setempat.

Ketua panitia penyelenggara, Nanda Findiastria, S.Pd, menyebutkan kegiatan tersebut sebagai bekal untuk siswa menjadi pemimpin yang anti korupsi.

“Tujuannya untuk membekali anak dengan pengetahuan mengenai korupsi supaya nanti anak bisa membentuk mentalnya. Sehingga, siswa akan tahu apa yang dilakukan ketika mengalami situasi misalnya yang dekat dengan korupsi,” jelasnya.

Guru Bahasa Inggris ini berharap materi yang didapatkan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Mudah-mudahan informasi yang disampaikan narasumber itu membekas dan bisa diterapkan minimal untuk diri anak sendiri di lingkungannya,” harapnya.

Dalam kesempatannya, Sulistyono Tri Cahyono menjelaskan mengenai pihak yang memiliki kewenangan dalam mengatasi korupsi.

“Korupsi itu prosesnya ada laporan. Kemudian, ditindak lanjuti oleh aparat penegak hukum. Di sini ada tugasnya penyidik. Setelah selesai dilakukan penyidikan akan dibawa untuk dituntut di kejaksaan,” tuturnya.

Ia menambahkan apabila kasus ditindak lanjuti KPK langsung dapat melakukan penuntutan di kejaksaan.

Pemateri tersebut mengajak siswa agar berani untuk melaporkan kasus korupsi setelah mengetahui proses hukumnya.

“Saya mengajak siswa-siswa, silahkan dilaporkan dengan membawa bukti-bukti apabila kalian nanti menemui kasus korupsi,” imbuhnya.

Sulityo menegaskan negara akan memberikan keamanan untuk masyarakat yang berani melaporkan kasus korupsi pada pihak berwenang.

“Yang melaporkan akan aman dan ditindak lanjuti oleh aparat,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu anggota OSIS SMPN 7 Magelang, Steffani Christine mengungkapkan banyak materi yang didapatkan setelah mengikuti kegiatan ini.

“Setelah kegiatan ini saya mendapat ilmu tentang jenis-jenis korupsi, unsur-unsur korupsi, dampak-dampak korupsi dan lain-lain. Saya juga tadi sempat tanya jadi menambah ilmu,” tuturnya.

Ia berharap SMPN 7 Magelang untuk lebih sering mengadakan kegiatan di luar sekolah seperti ini.

“Lumayan senang, dapat ilmu dan wawasan baru. Kalau ada kesempatan lagi bahasnya bisa tentang pendidikan ataupun lainnya,” pesannya. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?