LINGKUNGAN. Peserta didik SMPN 2 Kota Magelang tengah membersihkan lingkungan sekolah. (foto: ist)
ADV Daerah

SMPN 2 Kota Magelang Wariskan Cinta Lingkungan pada Peserta Didik

MAGELANG – SMPN 2 Kota Magelang Jawa Tengah peduli dan cinta lingkungan. Diantara hal yang dilakukan mengajarkan peserta didik atau siswa dengan menjaga kebersihan umum, merawat fasilitas umum, dan melestarikan tanaman di sekeliling sekolah.

“Sekolah ini melalui Tim Adiwiyata adalah bagian dari proses enkulturasi budaya dengan mengajarkan kegiatan cinta kebersihan pada lingkungan sekolah,” kata Kepala SMPN 2 Kota Magelang, Fatin Mahdalina, S.Pd, Sabtu (25/6/2022).

Ditandaskan, semua orang tua menginginkan anaknya tumbuh dengan baik dan menjadi pribadi yang baik. Menjadi pribadi yang baik tidak tumbuh begitu saja.

“Ada proses enkulturasi budaya yang ditanamkan oleh orang tua dan lingkungannya,” tandasnya.

Dijelaskan, salah satu karakter baik yang dapat diwariskan orang tua adalah mencintai lingkungan. Mencintai dengan sikap menjaga, merawat, melestarikan flora dan fauna beserta kekayaan alamnya.

“Bagian terkecil dari mencintai lingkungannya adalah dengan peduli pada sampah dan membersihkan sekelilingnya,” tambahnya.

Kegiatan tersebut, lanjutnya, rutin dilakukan oleh semua warga sekolah. Mulai dari peserta didik, guru, dan tenaga administrasi sekolah.

Dijelaskan, sekolah merupakan entitas penting untuk mengajarkan dan menanamkan karakter baik pada generasi bangsa.

“Maka walaupun dirasa hal kecil kegiatan ini adalah penting dalam menumbuhkan karakter peserta didik,” ujarnya. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?