DAMKAR. Pelatihan dasar pemadaman api oleh tim Damkar Kabupaten Magelang. (foto: tantri/siedoo.com)
ADV

Pekan Kreatif Pasca PTS, Kebersamaan dalam Karya SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid

MAGELANG – Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ihsanul Fikri (SMPIT IF) Pabelan menggelar pekan Kreatif siswa pasca Penilaian Tengah Semester (PTS). Pekan ini dilaksanakan mulai Kamis hingga Sabtu pada tanggal 10-12 Maret 2022.

Rangkaian kegiatan pada pekan Kreatif SMPIT IF melibatkan berbagai organisasi sekolah, seperti OSIS, Rohis, PMR, Hisbul Aula, dan juga Jurnalistik. Total siswa terlibat yaitu sejumlah 725 siswa dan 65 guru. Salah satu yang menjadi kegiatan rutin ialah Class Meeting dan juga kegiatan perkemahan. Selain dua kegiatan tersebut adapula seminar dampak sosmed, pelatihan mini vlog, dan sertifikasi Al-Qur’an.

Peserta pada kegiatan perkemahan kali ini adalah seluruh siswa kelas IX dengan mendatangkan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Magelang. Siswa dibekali pelatihan dasar pemadaman api langsung oleh petugas Damkar. Hal ini untuk memberikan pengetahuan umum bagi siswa tentang apa yang harus dilakukan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Pelatihan Damkar bertujuan untuk mempersiapkan dan melindungi seseorang yang berada di lingkungan sekitar. Agar siswa mampu melakukan pencegahan dan penanggulangan kondisi kebakaran dengan level kebakaran dasar,” ujar Sholeh, Humas SMPIT IF Pabelan.

Perkemahan ini dilaksanakan di lapangan SMPIT IF, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang sesuai. Tidak hanya siswa, namun para guru turut terlibat dalam rangkaian kegiatan.

Selain perkemahan, siswa kelas VII dan VIII diberikan sosialisasi mengenai dampak sosmed dan pelatihan mini Vlog. Menilai kondisi terkini yang serba digital, menimbulkan berbagai kecemasan orang tua terkait bahaya sosmed. Sehingga sosialisasi dampak sosmed ini merupakan hal yang sangat baik untuk mengarahkan para siswa agar dapat memanfaatkan sosmed dengan baik.

Pembiacara sosialisasi bahaya dampak sosmed dan pelatihan pembuatan mini vlog disampaikan oleh Sulhan Amami S.Sos. Pelatihan vlog sendiri diberikan untuk mengikuti perkembangan kekinian dan untuk mengajarkan siswa menciptakan suatu kreativitas konten positif.

Sosialisasi vlog disampaikan di GOR SMPIT IF Pabelan. Setelah sosialisasi, siswa akan diarahkan untuk menciptakan konsep video masing-masing kelompok. Dimana terdiri dari 10 siawa pada setiap kelompoknya. Isi konten vlog ialah mengenai review keseharian pondok dan juga review standar kelulusan SMPIT IF Pabelan. Review ini disampaikan oleh masing-masing siswa sehingga isi konten adalah nyata dari pengalaman siswa.

PRAKTIK. Siswa mempraktikkan langsung konsep pembuatan vlog positif. (foto: siedoo.com)

Hasil review para siswa tersebut akan diunggah di laman YouTube SMPIT IF, yaitu YouTube channel IF BS. Pelatihan vlog ini untuk mengajarkan siswa untuk berkreasi lebih kreatif mengikuti kekinian anak-anak milenial saat ini. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?