FOTO. Kegiatan foto bersama usai seminar | doc: GenBI
ADV

Minimalisir Masalah Kesehatan Mental Remaja, GenBI Komisariat IAIN Kudus Gelar Seminar

KUDUS – GenBI Komisariat IAIN Kudus mengadakan Seminar Kesehatan Mental Remaja bersama Posyandu Remaja Margorejo belakangan ini. Kegiatan kolaborasi ini merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan bina desa yang dilaksanakan oleh GenBI Komisariat IAIN Kudus.

Seminar yang bertemakan “Self Love to Overcome Insecurity” tersebut dilaksanakan di Aula Balai Desa Margorejo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Kudus. Kegiatan tersebut dihadiri oleh anggota GenBI Komisariat IAIN Kudus, anggota Posyandu Remaja Desa Margorejo, dan jajaran PKK Desa Margorejo.

Narasumber pada kegiatan tersebut berasal dari Dosen Bimbingan Konseling Islam IAIN Kudus, Heny Kristiana Maharani, M.Pd.I. serta dipandu oleh moderator Melina Nurul Khofifah, penerima beasiswa Bank Indonesia 2021 sekaligus anggota GenBI Komisariat IAIN Kudus.

Heny memaparkan bahwa bentuk self love merupakan bentuk kecintaan terhadap diri sendiri yang diwujudkan dengan tindakan positif.

“Istilah self love itu adalah bentuk kecintaan terhadap diri kita sendiri, yang diwujudkan dengan tindakan mendukung pertumbuhan fisik, psikologis, dan spiritual kita.” ucapnya.

Selain itu, Heny juga menjelaskan tentang perasaan insecure yang sering dialami oleh para remaja, baik laki-laki maupun perempuan.

Menurutnya, ada empat kategori insecure, yakni job insecurity, financial insecurity, social insecurity, dan relationship insecurity, yang mana keempat kategori tersebut terdapat dampak buruknya, salah satunya adalah kekhawatiran yang berlebihan (overthinking).
Heny berpesan, meski tiap manusia akan mengalami perasaan insecure, harus tetap percaya diri.

“Jadi, kalau kalian ingin percaya diri tetapi masih menyimpan insecurity, jangan takut. Kalian bukan orang lemah yang membiarkan kepercayaan diri kalian kalah oleh insecurity,” pungkasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?