SMK. Penguatan Kewirusahaan dan Marketing bagi siswa SMK Muhammadiyah Borobudur. (foto: madyatantri/sideoo.com)
ADV

Jiwa Kewirausahaan dan Marketing Siswa SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Dikuatkan

MAGELANG – Orientasi sekolah tingkat SMK dan SMA tentunya berbeda. SMK akan lebih mengedepankan siswa untuk siap bekerja. Mentalitas yang dibangun adalah mental para pejuang. Sekolah di tingkat SMK mayoritas memiliki caranya masing-masing untuk meningkatkan kualitas keterampilan siswanya.

Sesuai dengan slogannya “SMK, BISA!” maka diharapkan siswa SMK, terutama SMK Muhammadiyah 1 Borobudur bisa bersaing di dunia kerja. Terlebih, bisa untuk menciptakan lapangan pekerjaannya sendiri.

Rabu (15/12), SMK Muhammadiyah 1 Borobudur melaksanakan kegiatan Penguatan Kewirausahaan dan Marketing bagi siswanya. Kegiatan ini diselenggarakan di ruang Aula SMK Muhammadiyah 1 Borobudur.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh kelas 12. Tujuannya sebagai bekal, mengingat dalam waktu dekat akan melepaskan status sebagai siswa di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur.

Acara dimulai pukul 10.00 hingga 11.30 WIB. Diawali dengan pembukaan, kemudian ada sambutan prodi, acara inti oleh narasumber dan kemudian penutup.

Narasumber yang didatangkan adalah Muchammad Sodik dari Kampoeng Kaos Magelang. Ia merupakan salah satu wirausahawan sukses dan juga sebagai ketua UMKM Kabupaten Magelang tahun 2018 serta dipercaya sebagai mentor wirausahawan. Sehingga diharapkan siswa dapat belajar langsung dari seseorang yang sudah membuktikan kesuksesannya.

“Wirausaha adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda,” ujar Sodik.

Dalam materinya Sodik memaparkan tentang 5 kunci sukses berwirausaha. Lima kunci tersebut ialah passion yaitu sesuatu yang paling disukai, dream yaitu bahwa semua diawali dari sebuah mimpi, pray yaitu usaha diimbangi dengan doa, action yaitu fokus pada usaha, dan share yaitu bahwa jangan pernah takut berbagi ilmu kepada siapapun.

“Kewirausahaan merupakan penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang,” tukas Sodik diantara pemaparan materinya (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?