Siedoo.com -
ADV

SMK 1 Muhammadiyah Borobudur Jalin Kerjasama dengan Perusahaan Asing

MAGELANG – SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Kabupaten Magelang Jawa Tengah melaksanakan sosialisasi perusahaan RBA (AICC) Malaysia dan seleksi calon tenaga kerja kilang Malaysia. Kegiatan dilaksanakan di gedung Aula SMK mulai pukul 07.30 – 12.30 WIB, Senin (13/12/2021).

Pada sosialisasi  memasuki tahap interview awal. Di tahapan ini para peserta melakukan pertemuan langsung dengan pihak interviewer melalui Zoom Meeting.

Dalam kesempatan itu, Kepala Cabang PT Karya Tama Mitra Sejati, Siti Fatonah turut menyampaikan beberapa hal untuk memotivasi para peserta/pendaftar terkait dengan ketentuan-ketentuan perusahaan yang akan mereka ikuti.

Recruitment diawali dengan masing-masing peserta mengajukan diri. Setelah itu akan ada tahapan seleksi untuk memilih calon tenaga kerja yang sesuai. Beberapa syarat umum yang dibutuhkan seperti : Seleksi Administrasi – Tes tertulis – Interview – Medical Chekup – ID Disnaker – Paspor – Fingerprit – Visa – Pembekalan.

Adapun calon tenaga kerja yang direkrut tersebut tidak selalu dari sekolah kejuruan, tapi sekolah umum pun dapat mendaftarkan dirinya. Asal berdedikasi tinggi, memiliki kemampuan, dan memang berkeinginan untuk bekerja keras. Karena pelatihan pekerja nanti akan langsung dikirim ke lokasi (Malaysia) dan akan dilatih langsung disana.

Alasan kenapa Malaysia lebih tertarik untuk merekrut calon tenaga kerja dari Indonesia dibanding dengan negara tetangga lainnya adalah orang Indonesia yang lebih disiplin, lebih bisa menyesuaikan, mudah untuk berkomunikasi karena tidak beda jauh dalam tata bahasanya, serta siap bekerja keras.

Calon tenaga kerja yang lolos seleksi akan disalurkan ke sebuah perusahaan di Johor Malaysia untuk produksi softlens. Nama perusahaan tersebut yaitu Siba Vision. Rekruitmen seperti ini akan membuka pendaftaran calon tenaga kerja promosi dimulai ke sekolah-sekolah menjelang pengumuman kelulusan.

Baca Juga :  PG PAUD UMMagelang Kenalkan Project Based Learning Kepada Pendidik RA

“Menurut saya hal ini sangat bermanfaat. Dapat menyerap serta menyalurkan para peserta /pencari kerja yang mempunyai keinginan untuk mendapatkan kesempatan kerja di luar negeri dengan aman, nyaman, terjamin dan pastinya legal,” ujar Kepala SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, Munif Hanafi, S.S, kemarin.

Ia juga mengakui bahwa kerjasama ini dapat menjadi peluang pembuka bagi lulusan SMA/SMK untuk dapat disalurkan sebagai pekerja di luar negeri.

Selain perusahaan soflens, SMK Muhammadiyah 1 Borobudur juga menjalin kerjasama dengan Unisem, VS Industri, Takana, Mitshumi, Philip, Plexus, Fujitshu, dan lain sebagainya.

Frisca Ramadanti Putri, Alumnus SMK 2 Magelang berpendapat bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan. Dapat menambah teman dan menjalin persaudaraan, dapat mengubah pola pikir sehingga pandangan pikiran kita lebih maju dan lebih terbuka, wawasan dalam mencari perkerjaan pun bertambah, serta juga mendapat pengalaman yang berharga dari kegiatan yang sudah dilaksanakan sebelahnya.

“Tempat dan suasananya sangat nyaman, sangat terjangkau, mudah untuk ditemui. Serta juga dapat membantu kami para pencari kerja dalam mendapatkan motivasi untuk menjadi yang lebih baik lagi,” ujar salah satu peserta seleksi lain. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?