Siedoo.com - Bootcamp Duta Lingkungan.
Daerah

Kontribusi SMA Maitreyawira Wujudkan Indonesia yang Lebih Bersih

JAKARTA – Para siswa SMA Maitreyawira diajak untuk berkontribusi mewujudkan Indonesia yang lebih bersih, sehat, dan asri. Melalui program “Duta Lingkungan SMA Maitreyawira”, sekolah berkolaborasi dengan Campaign.com, sebuah startup sosial karya anak bangsa. Program ini dilaksanakan dengan format bootcamp.

Program yang berlangsung sejak September hingga November ini terdiri dari empat sesi. Tidak hanya meliputi strategi praktis dalam melestarikan lingkungan, tapi juga materi pengembangan diri yang dirasa penting bagi peserta.

“Program ini awalnya digagas karena selama pandemi aktivitas sosial para siswanya sulit dilakukan. Maka dari itu, kami melihat bahwa masih ada cara melakukan kampanye sosial secara digital,” kata Mariyati mewakili SMA Maitreyawira.

Karena itulah sekolah menggaet Campaign.com, yang cukup inovatif dan menyesuaikan diri dengan disrupsi yang terjadi untuk menjalankan program kolaborasi. SMA Maitreyawira dan Campaign.com pun punya kesamaan visi untuk mengglobal. Visi mereka membangun Dunia Satu Keluarga, dan visi Campaign.com membangun Dunia yang Lebih Baik.

Sementara itu, Intan Siagian, Program Officer dari Campaign.com memaparkan, pada bootcamp ini dimulai dengan kelas Design Thinking. Peserta diajak untuk belajar tentang menemukan akar masalah, menganalisis dengan menggunakan empathy map, hingga belajar untuk membuat inovasi sosial yang memberikan solusi pada masalah yang terjadi agar peserta bisa meningkatkan empati dan ikut serta bergerak melakukan perubahan di lingkungan.

Dilanjutkan kelas kedua mengenai Inovasi Pengelolaan Sampah, yang mengajak peserta untuk mengenal inovasi-inovasi yang dapat dilakukan dalam mengelola sampah. Kelas ketiga belajar tentang Gaya Hidup Bebas Plastik, di mana peserta diberikan fakta-fakta keadaan bumi karena dampak plastik hingga teori-teori yang dapat digunakan dalam menjalani kehidupan bebas plastik.

Sementara kelas terakhir diisi dengan Kelas Personal Branding & Self Development, mengajarkan peserta menjalani tanggung jawab baru sebagai Duta Lingkungan SMA Maitreyawira yang dapat memengaruhi orang-orang dalam melakukan inovasi pengelolaan sampah, gaya hidup bebas plastik, hingga menjadi diri yang lebih dengan terus membangun kemampuan dan keterampilan diri.

Baca Juga :  Perpusda Kabupaten Magelang Terima Hibah Buku

Rangkaian program “Duta Lingkungan SMA Maitreyawira” hingga saat ini masih berlangsung. Setelah mengikuti empat kelas, program ini dilanjutkan dengan masing-masing peserta melakukan kampanye “Bijak Nyampah Pilah Sampah” di media sosial media masing-masing. Serta menyelesaikan challenge Bijak Nyampah Pilah Sampah di aplikasi Campaign #ForChange.

Tak hanya itu, seluruh peserta secara kolektif akan menginisiasi webinar sosialisasi untuk menyebarkan informasi mengenai pentingnya isu lingkungan.

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan SMA Maitreyawira, karena bisa mendukung kegiatan positif di kalangan siswa/siswi SMA. Tentunya kolaborasi ini tidak hanya sampai di sini, SMA Maitreyawira bersama Campaign.com masih berkolaborasi dalam menjalani kampanye selanjutnya,” jelas Intan. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?