Nasional

Kemendikbud Berikan Hibah Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi ke UNIMMA

MAGELANG - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia memberikan hibah Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi (KSKI) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ke Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA), Jawa Tengah. Penerima program ini adalah Program studi (Prodi) Bimbingan Konseling (BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIMMA pada tahun 2021.

Dr. Lilik Andriyani, SE., Msi, Pejabat Rektor UNIMMA menyampaikan bahwa, kegiatan prodi tersebut bertujuan mendorong mahasiswa untuk berkegiatan di luar kampus. Ini adalah salah satu kegiatan dari hibah yang yang dicapai oleh BK, dimana mahasiswa tidak terkungkung hanya di dalam satu kelas.

"Semoga UNIMMA dapat memberikan kebermanfaatan bagi semua,” kata Dr. Lilik.

Pemberian hibah tersebut berdasarkan evaluasi dan penilaian yang telah dilakukan oleh Kemendikbud dan tertuang dalam surat pengumuman nomor 1575/E2/DM.00.01/2021 tertanggal 15 April 2021. Dewi Liana Sari, M.Pd, Ketua Prodi BK UNIMMA mengatakan dana hibah KSKI BK digunakan untuk (1) program belajar mengajar di satuan pendidikan, (2) proyek kemanusiaan dan (3) KKN Tematik yang bekerjasama dengan delapan mitra yang dihadirkan di Hotel Atria pada untuk penyelarasan kurikulum dan penandatanganan MoU.

Ke-delapan mitra tersebut adalah Dinas Pendidikan Wilayah VIII Provinsi Jawa Tengah, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Magelang, MDMC Kabupaten Magelang, Dinas Sosial Kabupaten Magelang, SMP Muhammadiyah Tempuran, SMP Muhammadiyah Mungkid, Panti Asuhan Yatim (PAY) Putri Aisyiyah Daerah Kabupaten Magelang, dan PAY Muhammadiyah Muntilan.

Tiga kegiatan tersebut dipilih untuk memfasilitasi mahasiswa BK menjadi guru BK sebagai profil utama. Maka mitra sekolah adalah yang paling utama.

"Kami juga memfasilitasi mahasiswa yang tidak ingin menjadi guru BK untuk tetap bisa menerapkan ilmunya sebagai praktisi BK, tenaga pendamping permasalahan keluarga dan kebencanaan serta sebagai pengembang SDM,” ujarnya.

Baca Juga :  Dompet Dhuafa Berikan Edukasi Layanan Kesehatan, Sekaligus Beramal

Di akhir acara dilakukan penandatanganan MoU dan MoA antara FKIP UNIMMA dengan semua mitra. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?