ADV

SMK Muhammadiyah 2 Borobudur jadi Lokasi Bimbingan Teknis Perbengkelan

MAGELANG - Kementerian Perindustrian RI melalui Direktorat IKM (Industri Kecil dan Menengah) Logam, Mesin dan Alat Angkat, menyelenggarakan bimbingan teknis perbengkelan di SMK Muhammadiyah 2 Borobudur, Kabupaten Magelang.

Kegiatan ini diikuti oleh Komunitas VW (Volkswagen) dan Jeep Borobudur. Guru berikut siswa Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Otomotif, juga turut dalam bimbingan teknis tersebut.

Kepala SMK Muhammadiyah 2 Borobudur, Dra. Hj. Nidaul Hasanah, menjelaskan, kegiatan ini secara khusus difokuskan pada bimbingan teknis wirausaha dan fasilitasi mesin serta peralatan perbengkelan roda empat.

"Kendaraan tua seperti VW, tidak bisa dihindari kadang ada kendala di mesin. Setelah bimbingan teknis ini, diharapkan para peserta akan mampu untuk mengatasi kendala-kendala itu," terang Nidaul Hasanah.

Bimbingan teknis tersebut berlangsung mulai Senin, 15 Maret 2021 hingga Jumat (19/3). Selain penyampaian materi, para peserta juga melakukan praktik di workshop milik SMK Muhammadiyah 2 Borobudur.

Sejak bertahun-tahun, sekolah kejuruan yang beralamat di Jalan Syailendra Raya atau Jalan Sudirman Borobudur ini, memang dikenal dengan berbagai prestasi, salah satunya di bidang otomotif. Prestasi ini, bahkan telah mendapat pengakuan pemerintah pusat.

Beberapa karya yang pernah lahir dari sekolah kejuruan ini, misalnya, mobil bak terbuka atau mini truck, ambulans, hingga kendaraan roda empat jenis SUV (sport utility vehicle), yang kemudian diberi nama Esemka Sang Surya.

Pencapaian sekaligus sumbangsih bagi dunia otomotif nasional itu, bukan saja mampu menyita perhatian khalayak dan pejabat daerah, melainkan juga di tingkat nasional.(Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?