ADV

S1 Manajemen, Prodi Terfavorit di Untidar Jalur SNMPTN

MAGELANG - Jumlah pendaftar SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2021 di Universitas Tidar (Untidar) Magelang, Jawa Tengah mencapai 4.831 orang. Dari jumlah tersebut, yang berhasil diterima tercatat 638 orang.

Pada kelompok sosial humaniora, S1 Manajemen menjadi program studi yang paling diminati. Jumlah pendaftarnya 609 orang. Urutan kedua, S1 Ilmu Komunikasi, dengan total pendaftar 418 orang.

Di kelompok sains dan teknologi, pendaftar terbanyak ada di program studi S1 Agroteknologi (340), dan disusul S1 Teknik Sipil dengan jumlah pendaftar 304 orang.

Informasi tersebut disampaikan oleh Wakil Rektor Untidar Bidang Akademik Dr. Ir. Noor Farid, M.Si., kemarin.

"Kami ucapkan selamat kepada yang lulus. Yang belum berhasil, masih ada kesempatan mengikuti tes masuk melalui jalur berikutnya," tutur Noor Farid.

Selanjutnya, calon mahasiswa baru diwajibkan mengikuti tahapan administrasi, yang alurnya telah diunggah melalui laman https://untidar.ac.id/ atau https://um.untidar.ac.id/. Mengingat masih dalam masa pandemi, registrasi akan dilakukan secara online.

"Jangan sungkan untuk bertanya melalui helpdesk apabila ada yang belum jelas," ucap Noor Farid.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komputer Untidar, Agung Trihasto, ST, M.Eng, menjelaskan, setiap calon mahasiswa baru akan melakukan seluruh tahapan administrasi, melalui laman https://smart.untidar.ac.id/.

Ini merupakan versi upgrade dari sistem registrasi mahasiswa baru yang digunakan tahun sebelumnya. Sistem tersebut dibuat untuk registrasi mahasiswa baru jalur SNMPTN 2021.

"Kalau dulu harus login ke dua sistem (ukt.untidar.ac.id dan registrasi.untidar.ac.id), sekarang lebih efisien karena hanya satu sistem," terang Agung Trihasto.

Sebagai informasi, Untidar membuka empat jalur seleksi untuk penerimaan mahasiswa baru 2021. Selain SNMPTN, jalur berikutnya yaitu UTBK-SBMPTN atau Ujian Tertulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Baca Juga :  Minimalkan Siswa Bermasalah, Sekolah Tingkatkan Layanan Konseling

Untidar juga memberikan kesempatan bagi lulusan SMA/MA/SMK, untuk mengikuti seleksi melalui jalur mandiri. Jalur ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu SMJP (Seleksi Mandiri Jalur Prestasi) dan SMUT atau Seleksi Mandiri Jalur Tertulis.

Tahun ini, Untidar menyediakan 3.225 kuota/daya tampung mahasiswa baru dari seluruh jalur seleksi.(Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?