ADV

Mahasiswa Untidar Segera Jalankan Program Kampus Mengajar

MAGELANG - Sebanyak 51 mahasiswa FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Universitas Tidar (Untidar) Magelang, Jawa Tengah dinyatakan lolos seleksi Program Kampus Mengajar angkatan pertama 2021. Selanjutnya, mereka segera diberangkatkan ke berbagai sekolah dasar di sejumlah daerah di Indonesia.

Para mahasiswa ini terdiri dari 15 peserta Program Studi S1 Pendidikan IPA, 19 mahasiswa PBSI (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), serta 17 orang dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Burhanudin, mahasiswa PBSI Untidar, mengatakan, proses seleksi Program Kampus Mengajar tergolong sangat ketat. Dari keseluruhan jumlah pendaftar delapan juta mahasiswa, disaring menjadi 15 ribu saja.

"Terus seleksi lagi, tes Kebhinekaan, baru ketahuan yang lolos," ungkap Burhanudin. Ia mendapat tugas mengajar di SD Negeri 02 Longkeyang, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang.

Program Kampus Mengajar merupakan bagian dari Program Kampus Merdeka, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Program ini bertujuan memberikan kesempatan kepada para mahasiswa, untuk mengembangkan diri di luar kampus.

Peserta yang lolos selanjutnya akan ditempatkan di sekolah-sekolah dasar, khususnya yang masih mengalami kekurangan tenaga pendidik.

Untuk Program Kampus Mengajar angkatan pertama, mahasiswa yang lolos seleksi saat ini sedang menjalani pembekalan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mereka akan bertugas di tempat-tempat yang telah ditentukan, mulai tanggal 22 Maret hingga 25 Juni 2021.(Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?