ADV Daerah

Publik Makin Percaya Untidar, Jumlah Mahasiswa Meningkat Setiap Tahun

MAGELANG - Jumlah mahasiswa Universitas Tidar (Untidar) Magelang, Jawa Tengah, mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Lebih-lebih, setelah perguruan tinggi ini beralih status dari swasta menjadi negeri.

Dikutip dari Laporan Kinerja Untidar 2020, tercatat sebanyak 2.188 mahasiswa pada 2014. Angka ini naik menjadi 3.242 di tahun berikutnya, dan meningkat menjadi 3.974 orang pada 2016.

"Masyarakat semakin percaya pada Untidar. Dan kami, akan menjaga amanah itu. Kualitas pendidikan harus terus lebih baik," tutur Staf Humas Untidar, Kusumo Wardani, kepada Siedoo.com, kemarin (07/02/2021).

Yang disampaikan Wardani benar. Sebab, grafik memang menunjukkan peningkatan di tahun-tahun selanjutnya. Pada 2017, jumlah mahasiswa universitas berlambang burung elang ini tercatat 4.638 orang.

Angka ini terus bertambah, hingga pada 2020 sudah ada 8.524 mahasiswa dan mahasiswi yang menimba ilmu di berbagai program studi di Untidar.

Banyaknya mahasiswa di Untidar, tentu saja dibarengi dengan jumlah serta kualitas para staf pengajar. Saat ini, Untidar memiliki 253 dosen. Dari total jumlah dosen itu, 29 diantaranya telah bergelar Doktor, sementara 224 lainnya berpendidikan Strata 2.

Perbandingan antara jumlah tenaga pendidik terhadap banyaknya mahasiswa ini tergolong masih ideal. Yaitu, satu orang dosen di Untidar mengampu 20 mahasiswa untuk program studi eksakta. Sementara di program studi non-eksakta, satu dosen bertugas mendidik 30 orang mahasiswa. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?