ADV Daerah

SMK Muhammadiyah 2 Borobudur Siap Terima Siswa Baru

MAGELANG – Awal tahun 2021 ini SMK Muhammadiyah 2 Borobudur Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah siap menerima siswa baru untuk tahun pelajaran 2021/2022. SMK yang berlokasi di Jalan Syailendra Raya Borobudur ini membuka pendaftaran mulai bulan Januari hingga Juni 2021.

Layanan pendaftaran hari Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB atau secara online lewat website smkmuh2borobudur.sch.id. Untuk informasi lebih lanjut bisa melalui surel smk2borobudur@gmail.com atau contact person di 0813-2694-6593.

Kepala SMK Muhammadiyah 2 Borobudur, Dra. Hj. Nida Ul Hasanah menjelaskan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) ini, pihaknya membuka Jalur Prestasi dan Jalur Reguler. Untuk Jalur Prestasi, dibuka bagi siswa yang memiliki prestasi di bidang olahraga, seni, dan pengetahuan.

“Kami sediakan kuota 30 siswa untuk Jalur Prestasi ini. Pendaftar harus menunjukkan sertifikat atau piagam, dan rapor semester 5 SMP/MTs,” jelasnya.

Nida mengungkapkan, pendaftaran dibuka Gelombang I bulan Januari-April 2021, dan Gelombang II bulan Mei-Juni 2021. Bagi pendaftar Gelombang I akan mendapatkan jas, dan seragam sekolah.

“Sedangkan untuk pendaftara Gelombang II mendapat seragam olahraga,” ungkapnya.

Bagi pendaftar di SMK Muhammadiyah 2 Borobudur harus memenuhi syarat yang ditentukan pihak sekolah. Yaitu lulusan SMP/MTs/Paket B, mengisi formulir pendaftaran dan registrasi.

Dikatakan Nida, sekolahnya juga memiliki Program Khusus yang menarik bagi calon pendaftar berprestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik. Bagi siswa yang meraih ranking 1-3 bebas SPP selama 3 bulan. Sedangkan yang berprestasi non akademik terutama bidang olahraga dan seni bebas SPP mulai 3 bulan hingga 12 bulan.

“Bahkan siswa yang menjadi atlet binaan tingkat provinsi bebas SPP 14 bulan dan atlet binaan tingkat nasional bebas SPP 18 bulan. Kemudian kami juga memberikan beasiswa lain dan pembinaan berkelanjutan bagi para siswa berprestasi dan siswa dari keluarga kurang mampu,” kata Nida.

Baca Juga :  Pertama Kali, Disdikbud Kaltim Gelar Lomba Ceramah Online Tingkat SMA dan SMK

SMK Muhammadiyah 2 Borobudur memiliki 4 program studi yang sangat dibutuhkan saat ini dan di masa depan. Yaitu Teknik Mekanik Industri, Teknik Otomotif (Kendaraan Ringan Otomotif/Mobil), Teknik Otomotif (Teknik Body Repair/Mobil), dan program studi Pariwisata (Perhotelan).

SMK Muhammadiyah 2 Borobudur bekerjasama dengan berbagai perusahaan dalam pendidikan, pelatihan, dan penyaluran lulusan. | ilustrasi: SMK Muh. 2 Borobudur.

Adapun ekstra kurikuler binaan di SMK ini yaitu Kepanduan Hizbhul Wathan, Servis Pemeliharaan Kendaraan Ringan dan Mengemudi, serta seni bela diri Pencak Silat Tapak Suci. SMK Muhammadiyah 2 Borobudur juga memiliki kegiatan pembentuk karakter dan kepribadian. Seperti Outbond, Pelatihan Baris Berbaris, Penyuluhan Kesehatan dan Narkoba, Pesantren Ramadan, dan Upacara Bendera.

Kepala SMK Muhammadiyah 2 Borobudur menjelaskan pihaknya juga sudah bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan di bawah naungan Kementerian Perindustrian. Menyalurkan lulusan ke berbagai perusahaan ternama yang bergerak di bidang pertambangan, industri manufaktur, dan perhotelan.

“Sementara untuk Product Teaching Factory, SMK Muhammadiyah 2 Borobudur yaitu Laundry (fast fresh clean) perhotelan, menjadi sekolah binaan Daihatsu dan Toyota Nasmoco Magelang,” pungkas Dra. Hj. Nida Ul Hasanah. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?